Ingat, Tak Semua PTN Buka Seleksi Mandiri

Bandung - Secara umum, ada beberapa syarat dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Yaitu, lulus UN, lulus SNMPTN, sehat jasmani dan rohani, serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan masing-masing PTN penerima.

Pada Sosialisasi SNMPTN 2014 pekan lalu, Direktur Pendidikan Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr Ir Mindriany Syafila MS menjelaskan dua ketentuan pilihan PTN.

“Pilihan yang bisa dipilih peserta seleksi, maksimal dua PTN. Jika memilih dua PTN, salah satu PTN harus PTN yang berada di provinsi yang sama dengan SMA asal siswa. Namun, jika hanya memilih satu PTN, siswa bebas memilih PTN di provinsi manapun,” jelasnya.


Para peserta pun diberi kesempatan untuk memilih maksimal tiga program studi. Namun, untuk satu PTN pilihan maksimal hanya dua program studi.

“Satu yang perlu diingat, tidak semua PTN membuka seleksi mandiri. ITB tidak membuka seleksi mandiri. ITB hanya menerima mahasiswa baru lewat SNMPTN dan SBMPTN,” jelas Mindriany.

Panitia SNMPTN 2014 Perwakilan Unpad, Slamet Usman Ismanto menjelaskan, tahun ini Unpad masih membuka seleksi mandiri. Seleksi mandiri dilaksakan dengan sistem yang sama dengan SNMPTN.

Sementara, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) masih mempertimbangkan untuk membuka seleksi mandiri. “Tapi kalau untuk program D-III, UPI masih membuka seleksi mandiri,” tutur Zakaria, Panitia SNMPTN 2014 Perwakilan UPI.

Ketiga PTN yang menghadiri sosialisasi tersebut, memiliki pembayaran uang kuliah yang sama, yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Untuk informasi yang lebih jelas, calon peserta bisa mengakses website resmi PTN sesuai dengan minat dan pilihan siswa. [hus]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar