Tips Mengerjakan Ujian Nasional 2013

Ujian Nasional 2013 untuk tingkat SMA/SMK/MA yang pelaksanaannya pada tanggal 15 April 2013  tinggal menghitung hari. Segala daya upaya telah dilakukan, mulai dari melakukan try out UN, bedah SKL, sampai ke drill soal-soal UN tahun lalu. Bekal, tips dan trik untuk mengerjakan soal UN 2013 sudah cukup banyak diberikan di kelas oleh Bapak/Ibu guru.
Terkait dengan pelaksanaan UN 2013 yang modelnya berbeda dengan UN tahun lalu; mulai dari jumlah paket soal yang semakin banyak dan berbeda-beda untuk tiap anak sampai ke tata cara pengerjaannya, maka berikut ini akan saya berikan tips-tips agar membantu kesuksesan dalam menghadapi UN 2013.
Antara naskah soal dan lembar jawaban ujian nasional (LJUN) merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Jika siswa mengerjakan naskah soal UN dengan LJUN yang bukan pasangannya, maka akan menjadi masalah besar bagi siswa tersebut, dan kemungkinan nilainya akan rendah. Oleh karena itu, para peserta UN harus benar-benar memperhatikan naskah soal dan LJUN adalah pasangannya dan jangan sampai tertukar.

soal UN 2013

Hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh Pengawas Ujian Nasional:

  1. Mewajibkan peserta untuk menuliskan nama dan nomor ujian pada kolom yang tersedia di halaman 1 (satu) naskah soal dan LJUN sebelum dipisahkan.
  2. Mewajibkan peserta ujian untuk memisahkan LJUN dengan naskah.
  3. Mewajibkan peserta ujian untuk melengkapi isian pada LJUN secara benar.
  4. Memastikan peserta UN telah mengisi identitas dengan benar sesuai dengan kartu peserta.

Hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh Peserta Ujian Nasional:

  1. Memastikan bahwa LJUN dan naskah dalam keadaan bersatu, dan minta diganti jika sudah terlepas.
  2. Memeriksa naskah soal halaman per halaman dan pastikan tidak ada yang rusak.
  3. Membubuhkan identitas secara bersamaan pada naskah soal dan sekaligus pada LJUN.
  4. Memisahkan (merobek) LJUN dari naskah soal.
  5. Mulai mengerjakan soal Ujian.
Demikianlah beberapa tips dan petunjuk untuk menghadapi soal UN 2013.
Semoga pelaksanaan UN 2013 kali ini berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Terakhir, untuk para peserta Ujian Nasional 2013, jangan lupa untuk berdoa dan meminta doa restu orang tua serta junjung tinggi kejujuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar