Pengumuman SNMPTN 2013 Terancam Ditunda

SURABAYA - Tak serentaknya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MA di tahun 2013 bisa berakibat molornya pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau yang tahun lalu disebut Jalur Undangan. Pasalnya, proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur gratis tanpa tes itu terintegrasi dengan pengumuman hasil UN.
Humas SNMPTN dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya Ismaini Zain mengatakan,  jadwal pengumuman hasil seleksi dilakukan selang tiga hari setelah nilai seluruh peserta UN diumumkan, jika mengacu jadwal semestinya, hasil seleksi SNMPTN akan diumumkan 28 Mei 2013. Kemudian, proses daftar ulang bagi yang lulus seleksi dilaksanakan pada 11-12 Juni.


“Jika pihak pemerintah memundurkan jadwal pengumuman hasil UN akibat pelaksanaannya yang tidak serentak, mungkin saja pengumunan hasil seleksi SNMPTN akan ikut mundur,” jelasnya, Minggu (21/4).
Diterangkannya, salah satu persyaratan siswa yang bisa melamar di SNMPTN adalah siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir yang mengikuti UN 2013. Bila nantinya pelamar ini diterima, saat daftar ulang harus membawa nilai rapot asli dan bukti telah lulus.
Sedangkan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau jalur tulis tidak akan terpengaruh jika pengumuman hasil UN dimundurkan. Sebab, proses pendaftarannya masih lama dan panjang. “Jalur SBMPTN tetap sesuai jadwal dan tidak terpengaruh karena jadwalnya masih lama,” tegas perempuan yang juga menjabat sebagai Koordinator Humas SBMPTN ini.
Adapun proses pendaftaran online untuk jalur SBMPTN dimulai pada tanggal 13 Mei - 7 Juni. Sementara ujian tertulisnya dilaksanakan 18-19 Juni, sedangkan ujian keterampilan pada 20-21 Juni. “Tata caranya dapat diunduh (download) mulai tanggal 30 April mendatang,” tandasnya.
Seperti diketahui, UN SMA sederajat di 11 provinsi harus ditunda karena masalah distribusi. Kesebelas provinsi tersebut antara lain Kalimantan Selatan,  Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Semuanya adalah provinsi yang berada di Indonesia wilayah tengah.
Adapun perubahan jadwal pelaksanaan UN seperti yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk SMA mulai Kamis (18/4) pekan lalu hingga Selasa (23/4) besok.
Sementara itu, dari informasi yang dihimpun peserta SNMPTN 2013 yang sah berjumlah sekitar 777 ribu orang. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan antara 130 ribu hingga 150 ribu tempat di Perguruan Tinggi Begeri (PTN) se-Indonesia.
Dari ratusan ribu pendaftar tersebut, Universitas Padjajaran (Bandung, Jawa Barat) berada di urutan pertama dengan pendaftar sebanyak 75 ribu orang. Di posisi berikut adalah Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta) dengan 72 ribu pendaftar. Sementara Universitas Brawijaya (Malang, Jawa Timur) berada di tempat ketiga dengan 71 ribu pendaftar.m18
JADWAL SNMPTN
Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)     
17 Desember 2012-8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester

Pendaftaran     
1 Februari-8 Maret 2013

Proses Seleksi     
9 Maret-27 Mei 2013

Pengumuman Hasil Seleksi     
28 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar