FKM Undip Jadi Primadona Calon Mahasiswa

JAKARTA - Tidak dimungkiri, setiap kampus pasti memiliki program studi (prodi) maupun fakultas andalan. Demikian pula halnya, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Berdasarkan hasil pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) menjadi jurusan favorit pilihan para calon mahasiswa.

Hal ini terlihat pada 8.236 calon mahasiswa memilih FKM dalam SNMPTN kali ini. Menanggapi hal tersebut, Dekan FKM Undip Tinuk Istiarti mengaku peminat FKM dari tahun ke tahun memang mengalami peningkatan.

"Peminat FKM dari tahun ke tahun semakin meningkat signifikan. Pada 2010, peminatnya ada 5.187 orang, meningkat menjadi 5.669 orang pada 2011, kemudian 6.799 orang pada 2012, dan meningkat lagi di 2013 menjadi 8. 236 orang,” urai Tinuk, seperti disitat dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (17/4/2013).

Menurut Tinuk, tingginya peminat terhadap prodi FKM dipengaruhi oleh tingginya kebutuhan lapangan pekerjaan di sektor kesehatan. Apalagi, lanjutnya, setiap musim penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk formasi lulusan FKM hampir sebagian besar di dominasi oleh alumni Undip.

"Hal tersebutlah yang membuat calon mahasiswa semakin mempertimbangkan FKM sebagai tujuan berkuliah,” imbuhnya.

Tahun ini, jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN terbagi menjadi tiga jalur, yakni SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), serta jalur mandiri. Pendaftaran SNMPTN telah ditutup sejak 8 Maret lalu dan hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei mendatang. Sementara itu, SBMPTN akan mulai dihelat secara nasional pada 13 Mei 2013.(mrg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar