UGM Gratiskan Biaya 18% Mahasiswa Baru

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada akan menggratiskan biaya kuliah 18% mahasiswa baru 2013 yang diterima melalui SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri Universitas Gadjah Mada.

Rektor Universitas Gadjah Prof Dr Pratikno M.Soc.Sc, Senin (25/3), mengatakan mereka ini diutamakan dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang berhasil lolos masuk UGM melalui berbagai pola seleksi.


Program tersebut katanya, didukung dengan anggaran UGM sendiri dan dari CSR (corporate social responsibility) dari berbagai perusahaan.

Di luar itu, kata Rektor, UGM masih memberikan bea siswa yang lain sebesar 27%. "Namun bea siswa tersebut tidak meng-cover keseluruhan biaya," katanya.

Dengan demikian, lanjut Pratikno, pada 2013 ada sekitar 45% mahasiswa UGM yang mendapat subsidi berupa bea siswa.

Sementara untuk penerimaan mahasiswa baru, Rektor menjelaskan, UGM tetap mengacu pada kebijakan nasional dengan penerimaan melalui berbagai jalur penerimaan seperti SNMPTN SBMPTN dan Ujian Mandiri.

"Dengan demikian yang masuk UGM ini tidak hanya mereka yang berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya saja tetapi dari seluruh Indonesis. Dan bukan hanya yang kaya, tetapi yang kurang mampu pun bisa mendapat pendidikan di UGM," katanya.

Tahun ini, katanya, UGM menerima 6.646 mahasiswa baru dengan perbamdingan SNMPTN : SBMPTN : Ujian Mandiri adalah 50 : 30 : 20.

Sementara lulusan SMA dan SMK yang tidak bisa mengikuti SNMPTN karena sekolahnya tidak input data PDSS masih ada kesempatan masuk melalui SBMPTN dan UM UGM.

Dikatakan penerimaan mahasiswa baru melalui SBMPTN ini didasari hasil tes tertulis bukan seleksi rapor.

Pendaftaran online SBMPTN akan dimulai 13 Mei mendatang dan ujian 18-19 Juni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar