Banyak Sekolah Belum Merekomendasi

SEMARANG - Hingga batas akhir masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 (jalur prestasi), masih ada sekolah yang belum merekomendasi siswa untuk mendaftar. 

Menjelang penutupan, Kamis (7/3), 6.131 siswa SMA/SMK/se­derajat yang memilih Universitas Negeri Semarang (Unnes) belum mendapat rekomendasi kepala sekolah untuk mendaftar.

Penutupan SNMPTN 2013 akan dilaksanakan Jumat (8/3) ini pukul 00.00. Siswa yang sudah mendapat rekomendasi dari kepala sekolah harus segera melakukan mendaftar dan mencetak kartu peserta SNMPTN 2013. Di Unnes, dari 49.818 pendaftar pilihan pertama dan kedua, baru 43.687 pendaftar yang mendapat rekomendasi dari kepala sekolah mereka. Dari jumlah itu, pendaftar Beasiswa Bidikmisi tercatat 10.623 orang. 

Anggota Tim Nasional Sosialisasi SNMPTN 2013, Sucipto Hadi Purnomo berharap para calon mahasiswa segera memanfaatkan kesempatan untuk mendaftar pada hari terakhir itu. 
”Bagi kepala sekolah yang belum memberikan rekomendasi kepada siswanya, kami harap segera memberikan,” katanya, kemarin.

Disamping itu, lanjut Sucipto, pihak sekolah melalui guru Bimbingan dan Penyuluhan (BP) harus mengecek apakah siswa sudah mencetak kartu peserta atau belum. Namun jika sampai hari penutupan siswa tidak mendaftar, itu hak mereka.

”Dalam proses ini yang paling penting pihak sekolah mengisi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS). Mengikuti atau tidak pro­ses SNMPTN adalah keputusan siswa masing-masing. Namun jika ada siswa yang hendak melanjutkan kuliah dan ingin ikut SNMPTN, sekolah harus tetap membimbing dan memberikan rekomendasi kepada mereka,” tegas Kepala UPT Humas Unnes tersebut.

Sementara itu, di Unnes, Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa mengalami penurunan jumlah peminat dibandingkan SNMPTN tahun sebelumnya. Pada 2012, jumlah peminat mencapai 1.550 orang, namun pada SNMPTN kali ini hanya 768 orang. (K3-60)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar