Kekhasan dan Keunggulan Program Universitas Padjadjaran


Untuk menghasilkan lulusan yang mampu memiliki kualitas profesionalisme baik dalam penguasaan ilmu maupun pemecahan masalah atau kasus dibidang bisnis, maka kurikulum dirancang dengan tetap mengacu pada norma-norma pendidikan Strata-3 seperti yang diatur oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 212/U/1999. Terdapat 4 (empat) kekhasan yang melekat pada operasionalisasi Program dan merupakan keunggulan Program, yaitu:

• Program pendidikan merupakan ilmu manajemen terapan yang menekankan pada kombinasi pendalaman ilmu, penelitian dan pemecahan kasus bisnis serta berorientasi pada pemanfaatan hasil kajian dari penelitian secara langsung oleh organisasi bisnis. Melalui kajian dan penelitian tentang permasalahan aktual dibidang bisnis maka secara konseptual lulusan Program akan mampu meningkatkan kualitas profesionalisme dalam menghadapi permasalahan bisnis baik dalam skala nasional, regional maupun internasional.
• Proses pendidikan akan menjadwalkan pembahasan topik dan kasus bisnis dalam kelas seminar serta melakukan kegiatan penelitian yang dilakukan secara terarah dan bertahap mulai dari kegiatan seminar di kampus, mengujicobakannya di lingkungan bisnis, sampai pada kegiatan penyusunan disertasi Doktor. Dengan demikian, lulusan Program akan memiliki kemampuan analitis dalam menyusun kebijakan (decision making) untuk menghadapi berbagai peluang dan tantangan bisnis.
• Untuk mendukung kelancaran pendidikan berdasarkan kekhasan tujuan dan proses pendidikan tersebut di atas maka tenaga pengajar berasal dari lingkungan perguruan tinggi dan praktisi bisnis. Guru besar dan dosen terdiri atas tenaga pengajar dari Universitas Padjadjaran, universitas lain yang terakreditasi di dalam negeri dan luar negeri serta profesionalis bisnis yang berkualifikasi Doktor. Universitas luar negeri tersebut adalah MSM Netherlands, University of Kentucky USA, dan University of Western Australia.
• Kekhasan peserta program adalah disyaratkannya kualifikasi calon peserta Program yaitu selain berlatar belakang MM/MBA atau Strata-2 disyaratkan pula memiliki pengalaman manajerial dalam organisasi bisnis dan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar