64.804 Siswa Daftar di UGM Jelang Penutupan SNMPTN

Yogyakarta - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 akan ditutup pada hari Jumat, 8 Maret 2013 pukul 22.00 WIB. Hingga hari ini, sebanyak 64.804 siswa telah mendaftarkan diri.

Untuk SNMPTN 2013, UGM menyediakan sekitar 3.318 kursi atau 50 persen dari daya tampung keseluruhan penerimaan mahasiwa baru tahun ini. Pada tanggal 23 Februari tercatat sebanyak 30.042 siswa yang mendaftar di UGM. Per 6 Maret, jumlanya menjadi 64.804 pendaftar.

"Jumlahnya naik dua kali lipat," kata Kepala Bidang Humas UGM, Wijayanti di Bulaksumur, Yogyakarta, Kamis (7/3/2013).

Tahun lalu, pendaftar SNMPTN jalur undangan 2012, berjumlah 29.955 siswa.


Menurut Wiwit panggilan akrabnya, pilihan siswa untuk memilih program studi favorit di UGM tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun lalu. Untuk kelompok IPA, prodi favorit diantaranya Farmasi, Pendidikan Kedokteran, Gizi Kesehatan, Keperawatan, Teknik Sipil dan Teknologi Informasi. Sedangkan di kelompok IPS yang paling banyak diminati adalah prodi Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Hukum, dan Ilmu Komunikasi.

"Masih ada kesempatan bagi siswa untuk mendaftarkan diri hingga tanggal 8 Maret. Kami berharap kepala sekolah juga tetap teliti dalam memberikan verifikasi pendaftaran siswanya, agar data yang dimasukkan benar," katanya.

Wiwit menambahkan untuk Seleksi Mandiri UGM, terdapat dua pola, yaitu Penelusuran Bibit Unggul dan Ujian Tulis. Penelusuran Bibit Unggul terdiri dari Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS), dan Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK). 

Penelusuran Bibit Unggul ini dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK yang lulus pada tahun 2013 dengan pengusulan dari sekolah. Sedangkan Ujian Tulis dapat diikuti oleh lulusan tahun 2011, 2012, dan 2013. 

"Dari jalur Seleksi Mandiri ini UGM akan menerima mahasiswa baru sebanyak 20 persen dari daya tampung," pungkas dia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar