Mantan Rangking 1 yang Bangkit dari Kegagalan

aku Yunisa..tapi simple nya panggil aja aku icha. :)
aku punya pengalaman perjuangan yang pengen aku bagi sma temen" atau adik" kelas..siapa tau bisa jadi motivasi buat mereka hehehe :D
aku ini lulusan IPA-2011..

tahun itu..aku ngerasa jadi orang yang beruntung deh..semester 1 aku dinobatkan rengking 1 dikelas,terus aku dinyatain masuk SNMPTN Undangan sama Guru BK di sekolah..ngerasa jadi orang yang paling bahagia deh,karena wktu kelas 1 SMA berharap banget bisa masuk lewat jalur itu.
singkatnya mulai lah aku sibuk nyiapain syarat" buat SNMPTN Undangan itu,awalnya Plan aku itu mau UPI-UNPAD, tapi temen bilang "masa fikom UNPAD di pilihan ke 2 cha?kan PG nya gede?"
karena aku saat itu blank bgt soal jurusan,ya pada akhirnya aku ngikutin saran temen aku buat ngerubah penempatan Universitas pilihan aku.

dulu aku tempatin UNPAD dngn jurusan FIKOM sama HI,dan di UPI milih MRL,MPP sma tekhnik arsitektur. dan bodohnya aku saat itu,aku ga mengkonsultasikan itu sama orang tua ku dulu..bener" kaya pilihan yang ngasal aja. sampe penantian ke hari pengumuman akhirnya tiba tuh,dan ternyata hasilnya aku ga lolos. sedih banget saat itu,apalagi denger sodara bilang kalo beberapa kampus seperti UPI,UNPAD dan msh banyak lagi ga mau di jadiin pilihan ke 2,ngerasa jadi orang plaing bodoh aja saat itu tuh,coba kalo tetep milih UPI - UNPAD mungkin masih bisa keterima.

ga mau berlarut-larut dalam penyesalan,,segera bangkit dan nyiapin buat SNMPTN tulis,dan saat itu aku cuma punya waktu lebih kurang 3 minggu sampe hari H,dengan pilihan IPC,saat itu aku memilih kampus UPI aja,aku belajar semampuku,aku coba memanfaatkan waktu singkat itu dengan belajar belajar belajar,dan tibalah ke tanggal 30-31 MEI 2011,aku ujian..aku kerjain soal" itu semampuku,dan saat itu banyak banget soal yang aku g bisa..dan coba tebak..aku isi nembak :( entah apa yang ada dipikiran aku saat itu,mengharapkan tuhan ngasih aku keajaiban,mudah"an soal" yang aku tembak jawabannya itu bener..(arrggghhh sumpah itu kebodohan selanjutnya yang aku lakuin :((( )tiba di tgl 30 JUNI 2011 pengumuman hasil SNMPTN UTUL,dan jrenng dilayar terpampang tulisan "MAAF ANDA TIDAK DITERIMA DI UNIVERSITAS YANG ANDA PILIH"..

nangiss lah aku saat itu,ga tau harus ngapain,untungnya aku punya temen" yang nyemangatin aku buat jangan sedih lama,aku bangkit lagi,aku putusin buat ikut UM UPI..sang ayah mengijinkan aku untuk ikut,aku daftar,aku memilih FPBS jurusan Pend.Bhs.Inggris sma Bhs dan Sastra Indonesia,aku belajar buat ujiannya..aku ga mau gagal lagi,aku pengen keterima..dan alhamdulilah saat pengumuman ,apa yang aku harapkan akhirnya terwujud..aku diterima di UPI di jurusan Bhs dan sastra Indonesia,aku bilang sama orangtuaku kalo aku masuk..

tapi apa yang terjadi min,mrk marah (khususnya ayah ) saat tau aku keterimanya di Sastra Indonesia,mereka ga mau bayar biaya yang saat itu mencapai lebih kurang 23juta buat jurusan itu,aku mohon" saat itu,sampai aku mogok saur mogok buka puasa,dan cuma minum aer,aku keukeuh pengen kuliah!!!!tapi semuanya sia",ayah tetep g ngasih,sampe akhirnya mamah ngebujuk aku buat nerima keputusan ayah,karena nyari uang segitu tuh ga gampang,dan ayah pengen aku masuk di jurusan yang prosfek kerjanya lebih baik,ayah g pengen aku jadi pengangguran selepas lulus nanti,krn bnyk sarjana jurusan Indonesia ga kepake,ayah pengen aku punya masa depan yang lebih baik,sampe hati nurani ku terketuk,aku nerima keputusan ayah,tapi aku ga mau kalo harus kuliah di swasta dulu,akhirnya aku istirahat dulu setaun,aku bikin rencana taun 2012 aku mau kemana,jurusan apa?yang kira" ayah bakal ngedukung,aku persiapin semuanya,aku putusin aku pengen masuk UPI jurusan BK sama Pend.Sosiologi karena setelah aku telusuri minat dan bakat aku,aku suka belajar ilmu” social,ilmu tentang masyarakat,tentang kejiwaan,aku suka,dan akhirnya aku nemu sesuatu yang pengen aku lakuin di masa depan J itu pencerahan yang aku dapet selama aku nunggu,aku belajar biar aku bisa masuk,meskipun aku ga ikut bimbel,aku tetep belajar dari buku” latihan SNMPTN,selama setaun aku pelajarin tiap” soal di buku itu,aku ikut TO” Online,aku bener” ngusahain biar aku bisa masuk,aku gamau gagal lagi,aku pengen buktiin sama diri aku sendiri,orang tua,org” yang aku sayang kalo kali ini aku bisa,aku mampu buat lulus lewat SNMPTN Tulis.

ga kerasa hari demi hari, bulan demi bulan,akhirnya 2012 dateng,antara seneng dan deg”an jadi 1,seneng karena bentar lagi aku bakal kuliah,deg”an karena Ujiannya,dan kali ini aku nyiapin PTS yang mau aku pilih kalau” aku ternyata harus gagal lagi.

bulan MEI dateng..rasanya makin gugup aja,tanggal 1,2,3…. Rasanya hari” tuh kelewat dengan cepet banget..sampe akhirnya tanggal 12 itu tiba,aku ujian di SMA SUMATRA 40-A jl. Pahlawan no.10 Bandung,aku berangkat jam 5 pagi dari rumah,buat menghindari macet,dan karena jarak rumah ke tempat ujian cukup jauh,pas wktunya ngerjain soal aku kerjain TPA nya sebaik mungkin Karena aku tau nilai terbesar diambil dari sana,TBS aku kerjain semampu aku,dengan soal MATDAS yang sulitnya minta ampun,bahasa Indonesia dan Inggris yang teksnya panjang”,sementara waktunya Cuma 1 jam,aku kerjain semaksimal mungkin..hari pertama selesai,tanggal 13 tiba,aku berangkat lagi..aku kerjain soal IPS semaksimal mungkin,semampuku,dan hari itu pun ujian berakhir..ada lega,ada deg”an Karena hasilnya belum tau,sering pesimis,tapi tetep terus berpikiran positif,sering ketakutan gagal lagi,takut mengecewakan orang” yang aku sayang,dan you know lah ya rasanyaa laaammmaaaaaaa bangggeettt ke tgl 7 JULI tuh,terus aja ngitungin berapa hari lagi,berapa hari lagi..

dan oiya tanggal 23-24 JUNI aku juga ngelaksanain USM UNISBA buat pegangan aku,dan tanggal 28 JUNI aku dinyatakan diterima di PSIKOLOGI UNISBA,agak kurang senang meskipun keterima,karena masih berharap bisa masuk UPI,tapi ya seneng karena seengganya aku udah punya pegangan,aku tunggu tgl 7 lagi..

sampe suatu hari ada temen yang bilang kalo pengumuman dipercepat jadi tanggal 6 JULI,seneng tapi lebih dominan deg deg.an..karena aku dapet kabar itu tanggal 5,dan itu berarti besoknya,seharian itu galau teruss,terus berdoa mudah”an di kasih yang terbaik,dan mudah”an yang terbaik itu sesuai harapan aku J,keep posthink :D tanggal 6 JUNI tiba,jam 6 sore mulai mantengin layar laptop,mulai buka web SNMPTN,trs”an ngeklik “klik disini untuk melihat hasil”,tek tek tek,,jam 7,refresh lgi halaman SNMPTN nya,dan WTF pagenya errroorrrr terussss..smua mirrornya pun sama..kesel sma web yg eror terus,langsung beralih ke web kampus..mulai lah ngetik pmb.upi.edu..klik SNMPTN TULIS 2012,pertama liat di Pend.Sosiologi,aku liat nama aku g ada,sempet desperate banget,di pilihan ke 2 aja g ada pikirku,aku siapin mental buat buka di Bimbingan dan Konseling,aku liat sekilas,dan aku pikir ahhhhhh….

nama aku g ada,aku gagal,aku scrool lagi pelan” ke atas,aku liat 1 per 1 nama” disitu,sampe jleb tiba di NO 10,dan you know what?di NO 10 itu terpampang nama aku,”YUNISA”,g pkir panjang , aku teriak kegirangan,aku peluk ayah aku,aku bilang kalo aku lulus UPI pilihan pertama.. :D berucap syukur tak hingga sama Alloh,alhamdulilah bangett bisa masuk plhn pertama..bisa ngasih ortu kbr bahagia,bisa buktiin ke mereka kalo aku bisaaa..AKKUUUU BIIISAAAAA!!!!!

sampai saat ini aku msih ngerasa itu kaya mimpi aku yang jdi kenyataan..bener” senennnggg baannggeeetttt..nget ngetttt :’)

itu kisah perjuangan aku selama setaun,aku harap buat tmn” yg gagal tetep semangat,jangan putus asa,jgn berlarut” dalam kesedihan,hrs bangkit dan yakin kalo kamu bisa,slalu usahain yang terbaik J sama buat adik” kelas yang taun depan mau kuliah,pkirin dari sekarang jurusan yang kalian pengen apa,sesuai ga sma bakat dan minat dan konsultasiin sma ortu,biar saat di terima,g ada istilah g di ambil krn ortu g stuju sma jurusan itu.
keep spirit and never give up guys.

see yaaa di Bimbingan dan Konseling UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA nanti buat kalian yang minat kesana :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar