Inilah Keuntungan Sekolah Jika Mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer

SURYAMALANG, KLOJEN - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang mendorong SMA/SMK mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) 2016 mendatang.


Jika tahun 2015 ada 18 lembaga penyelenggara UNBK, tahun depan diharapkan lebih banyhak. ”Bisa 30-an lembaga sekolah," jelas Budiono, Kasi Kurikulum Pendidikan Menengah (Dikmen) Dindik Kota Malang kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (14/11/2015). Imbauan ini menyusul turunnya surat dari Dinas Pendidikan Jatim Jumat (13/11/2015).



Dindik Jatim meminta dindik kota/kabupaten dan lembaga pendidikan dibawah kementrian agama (kemenag) kota/kabupaten memverifikasi calon sekolah penyelenggara UNBK.
Selanjutnya mengirim hasil verifikasi calon sekolah penyelenggara UNBK. "Pendaftaran calon sekolah penyelenggara UNBK sampai 18 November 2015 mendatang," ungkap Budiono.
Kemudian pada 3-9 Desember 2015, diadakan simulasi semi online untuk sekolah yang ditetapkan sebagai penyelenggara UNBK.
Menurut Budiono, sekolah yang memiliki siswa tetap terbuka mengikuti asal punya server sendiri. Skemanya, siswa gabung dengan SMA lain, tetapi servernya harus sendiri. Tidak bisa gabung dengan SMA yang diikuti siswa.
"Sebab tiap server ada penanggungjawab sendiri dan ada password-nya sendiri. LAN-nya beda," kata dia.
Rencananya, pada 19 November 2015 mendatang baru ada sosialisasi dari dindik provinsi mengenai UNBK.
Ia berharap sekolah yang sudah mampu ikut karena ternyata ada nilai positifnya dari ikut UNBK. Sebab mereka yang pernah ikut pada unas lalu ternyata mendapat bantuan personal computer dari Kemendikbud di Jakarta. Namun ia belum tahu jumlahnya per sekolah.
Tahun ini semua SMAN mengikuti UNBK kecuali SMAN 9. Tahun depan, SMAN 9 direncanakan ikut.
Sedang di jenjang SMK, yang tidak mengikuti UNBK SMKN 7 dan SMKN 11. Sedang SMA swasta yang ikut hanya SMA St Albertus/Dempo.
Kepala SMA Surya Buana bertekat mengikuti UNBP tahun depan. "Insyaalah kami ikut. Kami sudah ada laboratorium dan menyiapkan 20 komputer serta menambah server," katanya.
sumber berita        : http://suryamalang.tribunnews.com/2015/11/14/inilah-keuntungan-sekolah-jika-mengikuti-ujian-nasional-berbasis-komputer

sumber gambar    : http://penakita.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar