Cerita Masuk PTN : Sepenggal Cerita Perjuangan Demi Masuk PTN

Cerita Masuk PTN : Sepenggal Cerita Perjuangan Demi Masuk PTN  -
Posted by : Taofik Hidayat Dinata
Hai, gue Taofik Hidayat. Ini pertama kalinya gue nulis-nulis tentang gue di blog. Gue mau sedikit cerita tentang perjuangan gue buat masuk perguruan tinggi negeri.
Yang pertama ada SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), nah jalur yang ini biasa juga disebut jalur undangan. Jalur ini cukup pake nilai raport semester 1-5 jadi harus atas rekomendasi sekolah, jadi kita ga bisa tuh daftar sendiri-sendiri. Perjuangan gue di jalur ini lumayan lah bisa dibilang melelahkan, gue sekolah di SMK swansta di Jakarta, bisa dibilang sekolah gue abal-abal, murid-muridnya hobi tawuran, berandal-berandal semua, jadi baru kali ini nih ada siswa kaya gue yang pengen (ngebet) banget kuliah di PTN, sebelum-sebelumnya gak ada satupun yang kaya gue, rata-rata setelah lulus langsung kerja. Perjuangan gue dimulai saat Negara api menyerang wkwkwk, bukan bukan itu. Perjuangan gue dimulai dari ngajuin sekolah buat ikut SNMPTN, siapa tau aja ada juga siswa yang kaya gue. Ngajuinnya gimana ? Gak segampang membalikkan telapak tangan, butuh perjuangan ekstra. Pertamanya gue curhat tuh sama guru BK, kebetulan gue akrab banget sama guru BK. Awalnya sih pihak sekolah kaya yang gak mau bantuin gue. Tiap hari gue bolak-balik ke BK buat curhat, sampe akhirnya guru BK gue mau bantuin buat ngajuin ke kepsek. Udah sampe segitu aja ceritanya ? Belum, ini baru setengahnya. Setelah pihak sekolah setuju, tiap hari gue bolak-balik BK sama guru produktif. Yang input data bukan kepsek tapi guru produktif, soalnya kepsek gak mau tau. Tiap hari gue nyari-nyari informasi cara daftarnya gimana, informasi tentang universitasnya dimana aja, jadi setiap dapet informasi gue langsung ke BK ngasih tau infonya ke guru BK, ntah mungkin guru BK udah enek kali liat muka gue, tiap hari bolak-balik mulu ke BK. Sialnya, pas mau daftar ternyata universitas di Jakarta yang merima siswa SMK cuma UNJ, itupun Cuma 5 prodi dan semuanya gak ada yang gue minati. Oh iya, gue anak smk tapi kepengen banget jadi guru matematika, gue berharap banget bisa masuk prodi Pendidikan Matematika, dan gak ada prodi lain yang gue minati selain itu. Alhasil, gue coba daftar di UPI prodi pendidikan matematika sama UNJ prodi pendidikan teknik informatika, meskipun prodi itu gak gue minati. Atas perjuangan gue ini, banyak siswa yang mau ikut daftar SNMPTN.
Nah yang kedua ada SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), jalur yang ini bisa disebut jalur tes. Awalnya sih gue gak ada rencana ikut jalur ini. Loh kenapa ? gue anak SMK, SBMPTN ini soal buat tesnya pake pelajaran SMA, mana sampe otak gue belajar pelajaran SMA dalam waktu singkat. Pasrah aja lah, kalo gak lolos SNMPTN gue mau ambil swasta aja. Tapi ada satu nih yang bikin gue berubah pikiran, dia mahasiswa UNJ. Waktu itu ada acara Open House di UNJ, ah kesempatan buat kepoin mahasiswa nih kata gue. Nah disini gue ketemu sama mahasiswa dari prodi pendidikan matematika, gue kepoin abis tuh orang. Di sela pembicaraan, gue nanyain tentang SBMPTN, kebetulan dia juga dulu lolosnya lewat jalur SBMPTN, gue sedikit curhat deh tuh tentang nasib gue sebagai siswa SMK. Dia sedikit ngasih solusi tuh, kata dia “gue aja nih ya, ngisi soal SBMPTN ga semuanya gue isi, bla… blaa… blaaa…, triknya buat ngisi soal SBMPTN itu . . . . blaa blaaa blaaa”. Wah keren nih orang, kata gue. Informasi yang dia kasih ke gue bikin pemikiran gue berubah derastis, yang tadinya gak minat ikut SBMPTN sekarang jadi prioritas utama gue.
Cerita Masuk PTN : Sepenggal Cerita Perjuangan Demi Masuk PTN  -
Dari awal gue emang gak yakin sama SNMPTN, makannya setelah gue dapet informasi dari mahasiswa itu, gue langsung tuh cari-cari soal SBMPTN, beli buku panduan SBMPTN. Cuma itu perjuangan lu di SBMPTN ? Nggak lah, ini baru awal. Terus perjuangan lu apa lagi ? Sabar vrooh gue inget-inget dulu.
Nah gue inget niiih. Gue belajar otodidak, cuma ngandelin soal-soal yang gue download dari internet. Sempet minta dana sih sama orang tua buat beli buku panduan, lumayan dari buku itu banyak ilmu yang gue dapet. Tapi sepinter-pinternya, gue Cuma anak SMK yang bingung gimana cara belajar pelajaran SMA IPA dalam waktu singkat. Gila aja, udah belajar otodidak, gaada buku buat tunjangan lagi mana ngerti gue pelajaran SMA IPA. Tapi gue gak nyerah gitu aja, gue coba ngelobi Bu Dwi guru matematika di sekolah gue, padahal kenal sama gue aja kaga soalnya dia guru baru, terus gak ngajar di kelas gue. Gue berani-beraniin aja tuh minta tolong sama dia, untungnya dia guru yang cepet akrab sama muridnya. Dia mau ngajarin gue tapi cuma matematika SMA doang, ah lumayan lah kata gue daripada nggak sama sekali. Gak Cuma disini loh rintangannya, setelah malu-malu minta diajarin sama Bu Dwi, gue harus minta izin ke pihak sekolah supaya pihak sekolah ngizinin. Agak ribet sih, bolak-balik ruang guru tapi untungnya diizinin. Berkat usaha gue, gue sama siswa lain yang ikut SBMPTN bisa ikut belajar bareng meskipun ga banyak. Tapi jujur, gue gak ngerti apa yang dia ajarin, maklum lah ini kan matematika SMA, tapi ada kok yang nempel-nempel dikit di otak. Gue belajar sama Bu Dwi Cuma 4 kali dalam waktu sebulan. Sebenernya sih gak enak sama Bu Dwi, masa udah minta diajarin tapi gak ngasih upah. Untung dia gak ngarepin hahaha. . . .
Dari usaha-usaha gue ini, Alhamdulillah dapet banyak temen dari sosial media. Agak iri sih sama mereka, yang anak SMA tinggal mempelajari materi-materi sebelumnya, ada yang anak SMK tapi ikut bimbel, lah gue ?
Tiap hari gue bergelut sama soal-soal yang gue ga ngerti sama sekali, ngerti sih dikit di matematikanya tapi di kimia, fisika, sama biologi gue gelaaap banget, gak ngerti sama sekali. Dari pagi sampe malem ya cuma maen sama soal-soal itu, ikut-ikut try out online di social media, sampe try out Nasional yang diadain di berbagai kota. Dari try out ke try out sih lumayan tuh nilai gue berkembang terus, udah pede aja tuh gue bisa lolos SBMPTN.
Sampe nih di hari H tes SBMPTN, waktu itu Jakarta dingin banget tapi pas buka soal SBMPTN tiba-tiba aura penas keluar, gak lama kemudian gue keringetan hahaha keren kan ?
Dari sekian banyak soal-soal yang gue pelajari, yang muncul cuma beberapa bahkan ada satu jenis soal yang sama sekali belum gue pelajari. Ah gak yakin gue sama hasil kerja gue, mana prodi yang gue pilih itu termasuk prodi favorit. Yang gue bingung, kebanyakan siswa gak suka matematika tapi kenapa di universitas, jurusan matematika itu jadi jurusan favorite, banyak banget peminatnya.
Dicepetin aja ya ceritanya. Setelah nunggu beberapa minggu, tiba nih hari pengumuman. Aih dari semalemnya feeling gue udah gak enak aja, gue gelisah, galau, mellow hahaha. Bahkan sejam sebelum pengumuman gue sampe gemeteran, buka laptop udah kaya kakek-kakek. Gue buka tuh webnya, udah mau ngecek tapi server down, makin gelisah aja tuh gue, beberapa saat kemudian gue cek lagi dan hasilnya . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Anda tidak lolos SBMPTN 2014. Aaaaaaaaaah gilaaaa nyesek banget gue, udah berusaha keras tapi dapet hasil nol. Ah terpaksa gue harus nunggu SBMPTN tahun depan. Eh tapi rencananya mau ikut Ujian Mandiri dulu, kalo lolos berarti ceritanya cukup sampe disini, kalo gak lolos nanti ada sekuelnya hahahaha.
Oh iya, ada mitos kalo pinter itu ga menjamin lo bisa lolos SBMPTN, bahkan lo bisa kalah sama orang yang kuarang pinter dari lo, dan itu fakta.
Cerita Masuk PTN : Sepenggal Cerita Perjuangan Demi Masuk PTN  -
Banyak juga yang rajin belajarnya, ibadahnya, berdo’anya tapi gak lolos, malah yang males-malesan, yang jarang-jarang ibadahnya, berdo’anya bisa lolos. Naah gue mau ngasih pencerahan nih disini, missal kalo ada pengamen yang dandanannya compang camping, suaranya ga jelas banget, tampilannya jelek, pasti lu bakal langsung ngasih duit dan nyuruh itu pengamen pergi. Beda kalo tampilan pengamennya rapi, suaranya merdu, pasti lu rela buat dengerin dulu itu pengamen nyanyi sampe selesai baru ngasih duit. Dan bedanya lagi, kalo pengamen jenis pertama lu ngasih duit paling 500-1.000, kalo buat pengamen jenis kedua duit 10.000 juga pasti rela lu keluarin. Intinya ? lo simpulin aja sendiri !!! hahaha. . . . . . . . .
Nih intinya, anggap kita yang gak lolos SBMPTN sebagai pengamen jenis kedua, meskipun harus menunggu lama tapi bisa jadi rezeki yang kita dapet lebih besar dari mereka yang tidak menunggu lama (yang lolos SBMPTN 2014).
Cukup sekian aja dulu deh ya, do’ain gue supaya bisa lolos Ujian Mandiri biar bisa bikin essay yang temanya beda, biar lo lo pada ga bosen bacanya hahahaha, oh iya sorry kalo bahasanya kurang sopan tapi inilah gue.
 
Terimakasih : Cerita Masuk PTN : Sepenggal Cerita Perjuangan Demi Masuk PTN  -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar