SNMPTN 2014 Bisa Pilih 3 Prodi, Asal...

JAKARTA - Ada yang berbeda pada pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini. Para pendaftar bisa memilih tiga program studi (prodi), dengan syarat satu perguruan tinggi negeri (PTN) maksimal dua prodi.

Pada SNMPTN 2011, pendaftar jalur undangan SNMPTN juga bisa memilih tiga prodi pada setiap PTN yang mereka minati. Urutan prodi yang dipilih merupakan prioritas pilihan calon mahasiswa.

Kepala LP2MP Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Dr. Ir. Mukh. Arifin, M.Sc menjelaskan, setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN. Apabila memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya.

"Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun," ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (5/2/2014).

Selain SNMPTN, Arifin melanjutkan, Undip juga akan membuka pendaftaran masuk melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), UM S1, dan UM D3. "Jadi, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan jalur penerimaan ini sebaik-baiknya," ucapnya.

Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2014 adalah yang sudah tercatat pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pendaftaran dilakukan secara online di laman www.snmptn.ac.id. Laman resmi SNMPTN 2014 tersebut juga menyediakan informasi lengkap tentang daftar PTN yang berpartisipasi dan prodi yang dapat dipilih. (ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar