Jatah Mahasiswa via SNMPTN 2014 Minimal 60% Kuota PT


Jakarta - Pendaftaran Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Nasional (SNMPT) dimulai pada 17 Februari-31 Maret 2014 dengan proses seleksi pada 1 April-26 Mei 2014. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mensyaratkan perguruan tinggi memberikan jatah minimal yang cukup besar pada calon mahasiswa yang masuk pada jalur SNMPTN.

"Rumusannya, yang diterima melalui seleksi nasional minimal 60 persen," kata Mendikbud M Nuh saat ditanya berapa persentase jatah mahasiswa yang diterima PTN melalui SNMPTN 2014 ini. 

Hal itu disampaikan Mendikbud M Nuh dalam jumpa pers tentang buku kurikulum 2013 untuk tahun ajaran 2014 di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (13/2/2014).

Jatah yang lebih dari separuh dalam SNMPTN ini memperbesar peluang calon mahasiswa diterima di PTN. 

"Karena itu dengan seleksi nasional, maknanya, probabilitas anak-anak tertentu dari daerah untuk bisa memliih PTN tertentu saat ini pintunya terbuka terbuka lebar karena 60 persen tadi," imbuh Nuh.

Seleksi SNMPTN 2014 ini memakai nilai rapor dan UN, bukan melalui tes. Sistem penilaian seleksinya menggunakan tiga indeks yakni siswa, sekolah dan wilayah. Indeks siswa dengan indikator nilai rapor, kelengkapan nilai rapor, dan pencapaian nilai pelajaran dibanding kriteria ketuntasan minimal, nilai UN dan prestasi lainnya.

Indeks sekolah dengan indikator nilai rata-rata UN, nilai SNMPTN alumninya, akreditasi sekolah, dan jumlah siswa yang diterima di PTN melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN tahun sebelumnya.

Sebelumnya pernah diberitakan, selain melalui jalur SNMPTN, ada pula penerimaan mahasiswa melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Peserta akan menjalani tes tertulis dengan biaya yang disubsidi pemerintah. sebutnya.

Selain itu, seleksi juga dilakukan melalui jalur mandiri dengan daya tampung maksimal 20 persen di PTN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar