Sudah Siap Ikut SNMPTN 2014 Belum?

JAKARTA - Sepuluh hari lagi, siswa SMA/sederajat akan memulai tahapan pertama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014. Mumpung masih ada waktu, sudah siapkah kalian ikut SNMPTN 2014?

Pendaftaran Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) memang baru dibuka 6 Januari 2014 sampai 6 Maret 2014, namun para siswa -khususnya kelas XII- sudah mempersiapkan diri untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kira-kira apa saja sih persiapannya?

Siswa SMA Negeri 1 Pontianak Rangga Mahesa mengaku sudah memiliki bayangan tentang jurusan, kampus, program studi (prodi) yang akan diambil.


"Sudah pasti ikut SNMPTN, karena ini merupakan sebuah kesempatan untuk masuk ke PTN. Dari kelas X sudah ada sosialisasi dari guru untuk masuk ke PTN, yaitu ada beberapa caranya seperti SNMPTN dan SBMPTN," ujar Rangga saat dihubungi Okezone, Jumat (27/12/2013).

Siswa kelas XII IPA 3 itu membeberkan, dirinya terus menjaga kestabilan nilai rapor dari semester 1-5. Rangga mengatakan, mengikuti SNMPTN memang mempunyai banyak kriteria. Tak hanya dari nilai rapor saja, jika mempunyai sertifikat ikut lomba pun berpengaruh, kualitas serta akreditasi sekolahnya.

"Misalnya kalau alumninya ada di Universitas Gadjah Mada (UGM) jadi lebih mudah, karena sudah dipercaya dan ada yang berhasil. Hal tersebut yang menilai dari pihak kampus sendiri," ucapnya.

Menurut Rangga, SNMPTN tak seberkualitas SBMPTN. Dalam SBMPTN ada ujian tertulis sehingga benar-benar melihat kualitas dirinya sebagai siswa. "Kalau SNMPTN kan faktor keberuntungan," ujarnya singkat.

Rangga juga sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai lomba, seperti lomba debat bahasa Indonesia di Bogor, karya tulis, hingga ikut lomba ke tingkat multinasional. "Cari-cari pengalaman juga dan mengumpulkan sertifikat sebanyak-banyaknya untuk SNMPTN," tuturnya.

Berbeda halnya dengan siswa SMA Negeri 2 Mengwi, Nana Djeremi. Ketika ditanya apakah dirinya mengikuti SNMPTN, ia pun mengiyakan. Namun belum ada persiapan apa pun untuk mengikuti SNMPTN.

"Pasti ikut SNMPTN 2014. Tapi untuk persiapannya belum ada, karena masih memikirkan Ujian Nasional (UN)," katanya.

Nana pun memberi sedikit tips persiapan SNMPTN, yakni belajar dengan giat dan jangan menyepelekan belajar. "Karena SNMPTN membantu banget, sebisa mungkin harus ikut SNMPTN. Tapi belum ada bayangan ke depannya," singkatnya. (ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar