SNMPTN 2014, Siswa Mulai Ancang-ancang Pilih Prodi

SNMPTN 2014, Siswa Mulai Ancang-ancang Pilih Prodi - JAKARTA - Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai diisi sejak 6 Januari kemarin. Peluang seluruh siswa mendaftar ke perguruan tinggi negeri pun terbuka lebar.

Siswi SMA Negeri 7 Jakarta, Sulistiawati, mengaku senang dirinya dan teman-teman bisa mendaftar ke PTN melalui PDSS. Walaupun masa pendaftarannya terbilang lama, dirinya pun sudah mempunyai ancang-ancang atau persiapan memilih kampus dan program studi (prodi) yang menjadi pilihannya.


"Ketika pendaftaran SNMPTN 2014 dimulai, pilihan kampus pertama saya adalah Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ)," ujarnya saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Siswi kelas XII IPA 1 itu melanjutkan, alasan memilih kampus di bilangan Depok itu karena kampusnya bagus dan mempunyai peluang kerja lebih besar jika kelak lulus nanti. "Kalau untuk UNJ sebagai cadangan kalau enggak diterima di UI. Memilih UNJ karena ada banyak kakak kelas di sana," ucapnya.

Siswi yang akrab disapa Sulis itu mengaku ingin kuliah di kampus negeri karena sistem pendidikannya jauh lebih bagus dibandingkan dengan swasta. Jikalau tidak lulus SNMPTN, dirinya pun akan mencoba peruntungan ikut SBMPTN 2014 dengan pilihan kampus dan prodi yang sama.

Sementara mengenai pemilihan prodi, dirinya memilih jurusan Fisika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI. Sedangkan untuk kampus UNJ, dirinya masih bingung dalam memilih jurusan.

"Lebih suka saja sama fisika, rumusnya lebih simpel dan berlogika dibandingkan dengan Kimia," ungkapnya.

Siswi yang bercita-cita ingin menjadi dokter itu tidak ingin mengambil jurusan kedokteran karena kuliah kedokteran memakan waktu yang lama dibandingkan dengan prodi lainnya.

Oleh karena itu, dia pun optimistis dengan nilai rata-rata nilai rapor dari semester satu hingga lima yaitu 8,1 akan tembus di kampus pilihannya.

Sementara siswi SMA Negeri 7 Jakarta lainnya, Abiyu Febina juga memilih kampus di UNJ. Berbeda jurusan dengan Sulis, Abiyu lebih memilih jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

"Memilih UNJ sebagai pilihannya karena lokasi lumayan lebih dekat dari rumah. Pilihan yang lain yaitu Universitas Andalas (Unand) Padang, karena ada saudara di sana," kata siswi kelas XII IPA 1 itu.

Siswi yang mengaku mendapatkan nilai rata-rata nilai rapor di bawah delapan itu memberikan alasannya kuliah di kampus negeri karena sistem pendidikannya dijamin bagus. (ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar