SNMPTN 2014 Siap Digelar Untuk Pengembangan Kualitas Pendidikan Indonesia

SNMPTN 2014 Siap Digelar Untuk Pengembangan Kualitas Pendidikan Indonesia  -
BANDUNG, itb.ac.id - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 siap digelar pada bulan Februari-Mei 2014 untuk memilih putra-putri terbaik bangsa yang siap mengikuti pendidikan pada jenjang Perguruan Tinggi. Proses SNMPTN 2014 diharuskan memenuhi prinsip adil dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Prinsip ini tentunya memberikan kejelasan bahwa seluruh putra-putri bangsa Indonesia berhak dan memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan di perguruan tinggi.

SNMPTN sendiri merupakan pola seleksi secara bersama yang diikuti oleh 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui penjaringan prestasi akademik siswa. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2014 ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Hal ini semakin memperjelas usaha pemerintah untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia. Bagi calon mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, pemerintah akan menyiapkan program beasiswa bidikmisi apabila calon mahasiswa tersebut sudah diterima di salah satu PTN.

Secara garis besar, tujuan dari SNMPTN adalah memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi dan mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK, termasuk Sekolah RI di luar negeri. Dengan tujuan ini, sebenarnya seluruh anak bangsa Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk diterima di PTN yang diingankannya apabila mampu menunjukkan prestasi akademik yang baik.


ITB dan SNMPTN 2014


Pada penyelenggaraan SNMPTN 2014, ITB menjadi salah satu dari 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengikuti proses seleksi nasional ini. Seperti pada tahun 2013 yang lalu, ITB membuka pendaftaran untuk 12 fakultas yaitu; Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Sekolah Farmasi (SF), Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Fakutas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

Dalam melakukan penyaringan calon mahasiswa baru, ITB tetap mengikuti prinsip seleksi pada SNMPTN 2014 dengan mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor, prestasi-prestasi akademik lainnya dan hasil ujian nasional, memperhitungakn rekam jejak kinerja sekolah serta menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh ITB secara objektif, adil dan akuntabel, sehingga daya tampung tidak harus terpenuhi.

Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN 2014 dapat dilihat pada halaman snmptn.ac.id
Sumber foto: unand.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar