Wow, 20 ribuan siswa Jatim lolos SNMPTN 2013

LENSAINDONESIA.COM: Jawa Timur kembali mendapat prestasi membanggakan di bidang pendidikan. Setelah berhasil menjadi peraih terbaik hasil Ujian Nasional (UN) 2013, kali ini para siswa/siswi lulusan SMA sederajat, dari Jatim mendominasi daftar  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.
Dari total 765.531 siswa yang mendaftar, hanya 133.604 siswa yang dinyatakan lolos tes masuk SNMPTN. “Siswa/siswi dari Jatim yang dinyatakan lolos seleksi jumlahnya sekitar 20 ribu siswa,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Harun saat konferensi pers di kantornya, Senin (3/6/2013).


Dengan hasil tersebut posisi Jatim mengalahkan provinsi lainnya, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara,  Riau bahkan DKI Jakarta yang hanya ada di peringkat ke-8.
Menurut Koodinator Pengawas Perguruan Tinggi (PT) untuk UN se Indonesia, Alimufi Arief, banyaknya jumlah siswa Jatim yang lolos SNMPTN dilihat dari tujuh faktor. Diantaranya, mutu pendidikan asal sekolah, hasil nilai rapor sekolah, mulai semester satu hingga lima, jumlah alumni yang masuk perguruan tinggi negeri dengan Indeks Prestasi yang baik dan diterima di PTN.
Selain lewat jalur SNMPTN, para siswa yang ingin masuk PTN juga mendaftar lewat jalur bidik misi. Dari jumlah pendaftar sebanyak 128.266m danlolos sebanyak 23.942 siswa, atau 18,27 persen,” ujar orang nomor satu di Diknas Jatim ini.
Prestasi lain seperti, olimpiade ilmiah yang pernah diraih oleh siswa,serta prestasi non-akademis sangat mempengaruhi diloloskannya siswa jalur SNMPTN.
“Anak yang pandai diterima lewat jalur SNMPTN dan anak yang kurang mampu dibantu pemerintah lewat bidik bisi,” tambah Harun.

Harun melanjutkan, prestasi Jatim ini bukan melalui proses satu sampai dua hari saja. “Inilah prestasi terbaik yang juga dibantu sembilan PTN di Jatim,” tandasnya. @sarifa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar