Nilai UN Belum Keluar, Siswi Tunatera SMAN 8 Solo Gagal Ikut SNMPTN

timlo.net Solo – Bisa kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi keinginan banyak lulusan SMA dan yang sederajad. Termasuk Maria Agustina Siwi Anugraheni, siswi kelas XII IPS 2 SMAN 8 Solo.
Namun keinginan Maria jadi mahasiswa PTN harus tertunda. Lho? Ya, Maria harus gugur dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, lantaran hingga saat ini salah satu nilai Ujian Nasional (UN) untuk mata pelajaran Bahasa Inggris belum juga keluar. Padahal hasil UN adalah menjadi syarat lolos tidaknya SNMPTN dan diumumkan secara serentak pada Senin (27/5) pukul 16.00 WIB.


Saat dikonfirmasi terkait belum keluarnya nilai UN Maria, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo Etti Retnowati menyatakan, pihaknya telah berupaya berkomunikasi dengan Kemendikbud. Tetapi hingga saat ini belum ada perkembangan yang berarti dari pusat.
“Hingga saat ini dari panitia pusat belum ada jawaban,” ujar Etty saat dikonfirmasi melalui telpon seluler terkait kasus Maria, Senin (27/5).
Saat dihubungi via telpon seluler, Maria, siswa inklusi penyandang tunanetra mengaku bahwa dirinya mendaftar SNMPTN 2013 program studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) dan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret (UNS), juga PLB dan Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
“Tentu saja saya kecewa berat, dan kenapa itu bisa terjadi dan menimpa saya,” ujar Maria yang juga termasuk siswa berprestasi di SMAN 8 Solo, karena pernah meraih juara II Olimpiade Matematika khusus difabel se Jawa Tengah.
Sementara itu, pengamat sekaligus praktisi pendidikan Kota Solo, Muhammad Ali menyatakan bahwa kasus Maria, yakni kasus belum diterimanya nilai UN untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, padahal lembar jawaban UN ada, menunjukkan bukti Panitia UN 2013 pusat teledor atau ceroboh. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar