Waduh, Tidak Lulus UN Berarti Gagal SNMPTN

SOLO – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Ravik Karsidi mengungkapkan, peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 dinyatakan gugur jika tidak lulus Ujian Nasional (UN) 2013.           

“Meski dalam SNMPTN telah dinyatakan diterima, tetapi ternyata hasil UN tidak lulus, maka statusnya sebagai calon mahasiswa yang telah diterimanya dibatalkan,” kata Ravik saat bertemu Okezone, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/5/2013).


Ravik menjelaskan, kelulusan UN menjadi harga mati dalam persyaratan penerimaan mahasiswa baru khususnya jalur SNMPTN di samping nilai rapor dan rekomendasi sekolah.

Hal senada juga dikemukakan Ketua Panitia SNMPTN 2013 UNS Sutarno. Dia menyebut, penerimaan calon mahasiswa ditentukan oleh kelulusan UN dan nilai rapor. Hal itu sesuai Prosedur Operasi Baku (POB).

Layaknya perguruan tinggi negeri lain, dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini, UNS membuka tiga jalur. Pertama jalur SNMPTN, Kedua Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT).

"Hingga penutupan pendaftaran SNMPTN 2013, ada sebanyak 85.144 peserta yang mendaftar UNS baik untuk pilihan satu maupun kedua," papar Sutarno.

Tahun ini UNS akan menerima sebanyak 5.400 calon mahasiswa untuk jenjang strata satu (S-1).  “Kuota 5.400 calon mahasiswa baru tersebut berasal dari tiga jalur yang dibuka UNS,” tutupnya. (mrg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar