Pendaftar di UGM Naik Dua Kali Lipat

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com -  Jumat (8/3) ini pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 akan ditutup pada pukul 22.00 WIB. Di UGM daya tampung yang disediakan untuk SNMPTN 2013 itu adalah 3.318 atau 50 persen dari daya tampung keseluruhan penerimaan mahasiwa baru 2013. Sampai dengan tanggal 6 Maret 2013 sudah tercatat 64.804 siswa telah mendaftar di UGM.


Pertambahan itu sangat cepat mengingat pada 23 Februari 2013, tercatat sebanyak 30.042 siswa yang mendaftar di UGM. Dibandingkan dengan pendaftar di SNMPTN jalur undangan 2012, dimana pendaftar UGM berjumlah 29.955, kenaikan pendaftar pada tahun ini mencapai lebih dari dua kali lipat.

Menurut Kabag Humas UGM Wijayanti, prodi-prodi yang menjadi favorit pendaftar tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di kelompok IPA, Program Studi Farmasi, Pendidikan Kedokteran, Gizi Kesehatan, Keperawatan, dan Teknologi Informasi menjadi prodi yang paling banyak diminati pendaftar.

Di kelompok IPS yang paling banyak diminati adalah Prodi Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Hukum, dan Ilmu Komunikasi. Di waktu yang tersisa ini, diharapkan kepada siswa yang belum mendaftar SNMPTN dapat segera mendaftarkan diri tanpa menunggu menit-menit terakhir untuk menghindari kendala teknis.

Selain itu, diharapkan kepala sekolah juga tetap teliti dalam memberikan verifikasi pendaftaran siswanya, agar data yang dimasukkan adalah data yang benar. Seperti diketahui bersama, UGM pada tahun ini menyelenggarakan tiga jalur penerimaan mahasiswa baru.

Setelah SNMPTN, masih ada dua jalur penerimaan mahasiswa baru yang akan diselenggarakan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri UGM. SBMPTN merupakan seleksi tertulis yang dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK tahun 2011, 2012, dan 2013. UGM akan menerima mahasiswa baru dari jalur SBMPTN sebanyak 30% dari daya tampung.

Untuk Seleksi Mandiri UGM, terdapat dua pola yaitu Penelusuran Bibit Unggul dan Ujian Tulis. Penelusuran Bibit Unggul terdiri dari Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS), dan Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK).

Penelusuran Bibit Unggul itu dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK yang lulus pada tahun 2013 dengan pengusulan dari sekolah. "Sedangkan Ujian Tulis dapat diikuti oleh lulusan tahun 2011, 2012, dan 2013. Dari jalur Seleksi Mandiri itu UGM akan menerima mahasiswa baru sebanyak 20 persen dari daya tampung,'' tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar