Berbagi pengalaman mengenai SNMPTN Undangan

Pengalaman SNMPTN Undangan , Yap, sesuai judulnya gue disini akan membahas tentang SNMPTN Undangan.
Kenapa gue bahas tentang itu? Karena denger-denger sih ya, taun ini bakalan lebih banyak yg lulus ke PTN melalui jalur ini.

Q : Apakah gue salah satu orang yang pernah ikut jalur ini ?
A : Yup, bener banget ;)

Q: Apakah gue lulus?
A: Eumm, toilet dimana yaa? #gubraaak -____-

Pas taun gue (2012) orang-orang yang bisa ikut jalur SNMPTN Undangan itu adalah orang-orang yang punya grafik nilai terus menanjak (nilai rata-rata diatas 80 selama semester 3,4 dan 5) dan termasuk 50% Terbaik di Sekolahnya.
Eits, jangan seneng dulu, ga semua sekolah dapet jatah 50% loh, hanya sekolah-sekolah yg terAkreditasi A aja yg dapet kuota segitu, dan termasuklah sekolah gue yang tercinta yaitu SMAN 3 PLUS RANTAU UTARA yang dapet kuota 50%.

Nah, karena gue memenuhi syarat-syarat di atas, jadilah gue salah satu orang beruntung yang dapet kesempatan duluan untuk memperebutkan 1 kursi yang ada di PTN. Kenapa rebutan? Karena kita ga boleh bawa kursi sendiri dari rumah, apalagi minjem kursi tetangga #PLAAAK -__-

Karena di sekolah gue jumlah muridnya yg kelas XII cuma 200 orang ( 160 IPA dan 40 IPS), jadilah kita yang di ambil cuma 100 orang ( 80 IPA dan 20 IPS ) , terus kita di kumpulin di suatu ruangan untuk berbagi Universitas dan fakultas biar ga ada yg bentrok 1 sama lain, karena kalo dalam 1 sekolah banyak yang ngambil hanya ke univ/fak tertentu, maka persaingannya makin ketat dong ya, kecuali USU dan UNSYIAH boleh lebih dari 1 orang/fakultas yg ngambil karena ada TPBI lagi.

Jadilah gue engga ngambil USU karena jujur aja dulu pas gue masih kelas 1 SMA, gue agak mengUnderestimate kan universitas ini, karena apa? Karena berterbaran alumni dari sekolah gue disitu, jadi dulu gue merasa "ah, mudah kok masuk USU, banyak kok alumni gue yang lulus disitu"#Dikejeralumni -___-
Terus alasan lainnya ya karena TPBI itu, banyak kabar yang beredar kalo tesnya itu rusuh dan kacau, dari mulai tersebarnya kunci jawaban, jawaban temen sekolah gue di contek sama guru sekolah lain dan disebarluaskan ke murid sekolahnya, sampe masalah jual-beli kursi.
Apakah isu itu bener? Yap, emang isu itu beneeeeeeer banget kecuali yang jual beli kursi mah gue gatau.
Kalo masalah yg kunci jawaban tersebar itu sih gue taunya dari temen gue yg cerita kalo katanya banyak anak dari kota tertentu yg udah megang kunci jawaban malam sebelum tes tersebut.
Kalo masalah temen gue yg dicontek? Gue diceritain langsung dari narasumbernya sendiri.
Dan ga sedikit gemen gue yang nangis gara-gara jawabannya dicontek.
Sekilas aja ya, kalo emang ga mampu tolong ya gausah ngelakuin hal itu, toh yg nyontek itu juga pada ga lulus kok. Ingat  ya, ALLAH itu MahaTahu loh masbrohh ;)

Karena alasan-alasan di ataslah dan karena menurut gue kalo gue itu punya nilai memadai, akhirnya di SNMPTN Undangan gue milih :
1. FKM UI 
2. ILMU GIZI UI 
3. FKG UNAIR
4. FKM UNAIR

Dan hasilnyaaaaaaaa?
"MAAF ANDA GAGAL" :"( :(
Udah deh ya, yang bagian sedih-sedihnya gue skip.

Nah, jadi gue cari tahu deh kenapa gue bisa gagal, dan menurut gue hal yang menyebabkan gue gagal adalah karena ga rezeki #ngeles
Hahaha tapi bener juga sih itu salah satu penyebabnya, dan penyebab lainnya adalah karena gue milihnya ketinggian sih keanya. Emang pas milih itu prinsip gue " Duluanin mimpi aja an, kalo ga lulus toh masih ada SNMPTN Tulis" dan itu yg ngebuat gue jadi mimpi ketinggian sehingga gue ga melihat kemampuan gue, and finally jatuhnya sakit banget loh :'(

 Jadi disini gue mau bagi-bagi tips agar kalian ga pada gagal SNMPTN Undangan kea gue, mungkin tips ini bisa berguna buat adek-adek yang mau nyoba undangan taun ini, so check this out :

1. Sadar diri
Sadar diri disini maksudnya adalah menyadari sebaik apasih kualitas lo, semampu apa lo buat lulus ke Universitas/Fakultas tersebut. Semakin lo sadar, semakin besar kans lo buat lulus.
Kalo boleh gue nasehatin nih ya, pilihlah fakultas yang tidak terlalu tinggi buat lo, mimpi sih boleh, tapi harus sebanding dengan realitas dong temen. Jangan terbang terlalu tinggi, kalo jatuh sakit loh #pukpukdirisendiri :"(

2.  Jangan Egois
Lo yang ranking 30 mau FK UI, sementara temen lo yang ranking 1 juga mau FK UI.
Siapa yg berhak? Semua orang berhak sih, tapi ya yg lebih berhak kan temen lo yg juara 1 itu, jadi coba turunin standar ke inginan lo, jangan malah berantem gara-gara pilihan tersebut. Coba deh nerima kekurangan lo dan memahami kemampuan lo. Insya allah lo dapetin yg terbaik kok #Ehemm

3. Peluang Sekolah Kamu
Coba lo cari-cari info apakah udah terdapat banyak alumni yang berprestasi  di Universitas yang lo tuju?
Karena santer info sih ya, Universitas itu mandang alumninya yang berprestasi loh

4. Sadari Potensi Diri
Coba lo cari-cari info fakultas apa yang sejalan dengan minat,hobby dan kemampuan lo, jangan malah ikutin arus air. Kalo temen lo pada heboh FK ya biarin aja, gausah deh lo ikut-ikutan mereka kalo emang kemampuan lo jauh dibawah mereka dan juga ga sesuai minat hobby lo. Entar yang ada penyesalan aja gitu karena lo nya salah milih jurusan. Jadi jangan asal-asalan juga kalo milih jurusan, jangan mikirin "yang penting lulus", kalo bisa ya yang sesuai dengan hati lo, dan juga jangan lupa minta saran dari orang tua ya :)

5. Optimis dan DOA
Yup, kalo lo udah nentuin pilihan, finally lo harus yakin dan optimis. Boleh optimis tapi jangan over ya, kalo bisa punya prinsip "kalo masuk ya alhamdulillah, kalo engga ya berarti ga rezeki "
Jadi kalopun lo gagal, lo tetep punya semangat. Tetep juga minta yang terbaik buat lo sama ALLAH.
Dia Maha Tahu yang terbaik kok :)

Santer kabar juga nih kalo universitas-universitas yg "diatas" gamau di jadiin pilihan kedua.
Ex: 1. FK UI     2. FK UGM
Kalo nilai rapor lo semuanya diatas 90 sih masih punya kemungkinan lulus kalo milih yang ini, tapi kalo ga?
Insya allah pasti GAGAL !

Fakta : Banyak anak unggulan di sekolah gue yang ga lulus SNMPTN undangan karena milihnya ketinggian, malah banyak temen-temen gue dengan peringkat tengah-tengah itu lulus undangan karena mereka milihnya sesuai :)

Jadi sudah siapkah kamu  menentukan pilihan kamu? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar