Perjuangan di Masa Kritis..

Waktu kelas 3 SMA kemaren, kondisi ekonomi keluarga gue tiba tiba merosot. Perusahaan tempat bokap gue kerja bangkrut dan terpaksa bokap gue pun dirumahkan. Istilahnya bokap gue jadi pengangguran. Trus nyokap gue juga sama. Dia kena sabotase diperusahaan tempat dia kerja sampe akhirnya nyokap gue milih keluar dari perusahaan itu karena gak tahan dgn tekanan dari karyawan lain. Akhirnya gak lama setelah itu, orangtua gue buka usaha warung sate selama bbrp bulan. Tapi ternyata usaha itu gak laku. Yg ada malah terus ngeluarin modal sementara penghasilan gak ada. Dan akhirnya kami pun harus gulung tikar. Ditengah kondisi yg memprihatinkan itu, bokap gue yg emang punya penyakit diabetes jatuh sakit. Sakitnya nyampe 2 bulanan lah. Nyokap gue sempet stress sama keadaan. Pekerjaan tetap gak punya, penghasilan gak ada, sementara kehidupan harus ttep berjalan. Waktu itu gue kelas 3 semester 2 udah mau deket ke UAN, dan adik gue kelas 2 SMP.


Gue bilang ke nyokap, "Mah, ngeliat kondisi keluarga kita yang lagi kritis kayak gini aku ragu kalo aku bisa kuliah.."

trus nyokap jawab (itu gue masih inget bgt kata katanya) "Kamu jangan takut gak bisa kuliah. Insya Allah rezeki itu akan ada. Kalo perlu mama jual rumah ini buat biaya kamu kuliah. Sekarang kamu belajar yg rajin, gak usah mikirin apa apa selain belajar. Ujian udah didepan mata"

dari situ gue yg awalnya udah down kembali semangat bertekad buat kuliah. Trus waktu itu gue dapet kesempatan buat ikut SNMPTN Undangan dan ikutan. Gue ambil ke IPB sama UPI. Waktu berlalu sampe akhirnya gue dinyatakan lulus SMA dan Alhamdulillah nilai ujian gue memuaskan. Gue lega bisa lulus juga karena awalnya dulu masuk IPA bukan karena kehendak diri gue sendiri. Malemnya (26 Mei 2012) gue dapet sms dari temen ternyata pengumuman SNMPTN Undangan dimajuin jadi malem itu. Gue langsung cabut ke warnet bareng nyokap buat liat dan ternyata gue GAGAL :"") gue kecewa bgt karena waktu itu

gue ngarep bgt kuliah lewat jalur undangan, nyokap pun gue liat sama kecewanya. Tapi gue gak patah semangat! Gue pun langsung daftar SNMPTN Jalur Ujian Tulis dengan pilihan UNPAD & UPI. Gue pun meneruskan bimbel yang gue ikuti dengan program tambahan intensif SNMPTN. Selama sebulan intensif itu gue belajar mati matian. Tujuan gue fokus buat lolos SNMPTN Tulis 2012. Gue gak mau ngecewain orang tua gue yg udah berkorban segala galanya buat gue. Pada akhirnya pas pengumuman kemaren gue dinyatakan 'SELAMAT ATAS KEBERHASILAN ANDA' gue keterima di UNPAD! Serasa mimpi yg akhirnya jadi kenyataan! Waktu itu diwarnet ditemenin nyokap dan gue langsung meluk dia sambil nangis sampe2 orang2 diwarnet pada ngeliatin kita hahaha. Gue bilang ke nyokap "Ini semua buat mama. Makasih ma buat segalanya yg udah dikorbanin. Tanpa doa mama aku gak mungkin bisa kayak gini. Aku bakalan tunjukin kalo aku bisa sukses" Dan bersamaan dgn itu bokap gue pun kembali diterima bekerja
 disuatu perusahaan dan nyokap gue kini menjalani usaha katering.
Mungkin waktu itu Allah tidak mengizinkan gue masuk lewat jalur undangan tapi masuknya lewat jalur tulis ini. Suatu keberuntungan biaya kuliah lewat jalur utul ini lebih murah dibanding jalur lain sehingga gue bisa meringankan beban orangtua.

Waktu lagi masa kritis itu, gue selalu berdoa dalam sholat gue. Dalam keterpurukan, kita harus makin kuat dalam beribadah. Gue percaya bgt sama kekuatan sebuah doa, apalagi doa dari seorang ibu. Dan gue juga sangat percaya kalo Allah itu sudah mengatur rezeki buat kita, cuma perbedaan waktunya aja. Berdoa, beribadah yg rajin, dan ikhtiar semaksimal mungkin itu kuncinya maka Insya Allah mimpi itu bisa jadi kenyataan. Kalo kata Agnes Dream, Believe and make it happen! Gue udah ngebuktiin kebenaran kalimat itu.

Dan gue pesen buat yang gak lolos SNMPTN tulis, jangan kecewa lama lama! SNMPTN bukan akhir dari segalanya dan bukan jalan satu satunya. Masih banyak jalur lain yg bisa dicoba. Yg penting terus berusaha, berdoa, dan beribadah yg rajin.

cerita dari Icha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar