Review Jurusan Desain komunikasi visual (DKV)

Desain komunikasi visual atau DKV, DesKomVIs atau gaulnya DKVer merupakan seni berkomunikasi (Arts of Commmunication) dengan menggunakan bahasa rupa (Visual Text) untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media (desain) yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi, hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan.

DKV ini bisa dibilang bagian dari seni rupa tapi yang modern, bukan seni rupa murni. Jadi selama kuliah yang dipelajari adalah seni rupa modern baik itu modelling, fotografi, iklan, ilustrasi, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan seni dan desain.
Secara singkat. DKV itu jurusan yang keliatan nyantai padahal aslinya enggak. Banyak orang nganggep bahwa DKV itu jurusan buat anak-anak yang gak pengen ketemu tetek-bengek fisika, kimia, biologi. Dkk. Eh, kalo yang ini mungkin ada benernya :D
Kalo ditanya soal tugas, gak tidur 1 ato 2 hari karena ngerjain tugas itu udah biasa buat DKVer dan udah jadi santapan sehari hari. Jadi jangan kaget kalo ntar tugasnya banyak banget dan berat berat.
Yang Dipelajari
di DKV semester awal nanti lebih sering manual design daripada desain digital, karna kalo kamu dah bisa manual di digital pasti gampang banget apalagi di animasi. Manual Design misalnya cuman gambar, motongin kertas, spons, kayu, sedotan, mika, kardus, bikin garis pake pulpen merah harus lurus gak boleh bengkok dan gak boleh dihapus… TAPI kalo kamu bisa mendalami bukan sekedar itu, disini kita belajar kepekaan bermain perasaan, menajamkan insting kita untuk menjadi seorang profesional
Nah nanti kalo udah semester lanjut ada konsentrasinya, contoh nih di ITB mulai semester 6 ada pembagian konsentrasinya:
1. Desain Grafis (DG)
2. Multi Media (MM)
3. Komunikasi Visual Periklanan / Advertising (KVP)“Graphic Design on Screen”
Lapangan Kerja
Desain Komunikasi Visual sering dipergunakan untuk mengantisipasi berbagai persoalan, baik persoalan komunikasi sosial, maupun komersial. Sekarang, berbagai institusi dan kegiatan industri banyak membutuhkan tenaga ahli Desain Komunikasi Visual untuk mengkomunikasikan kegiatan dan memasarkan produknya.
Intinya disini sih kreatifitas ya, kalo kreatif + skill nya bagus yaa bakal gampang banget dapet kerja
Trus enaknya anak DKV yaitu ketika masih kuliah udah bisa mengaplikasikan ilmunya buat nyari side job atau freelance gitu, intinya kembali ke awal sih, kreatif
Nah kalo udah lulus, lapangan kerjanya, diantaranya :
• Biro Desain (Graphic House : le boye, ad value, integra dsb)
• Biro iklan (Advertising : ogilvy, mc Caan, fortune dsb)
• Percetakan dan penerbitan (Gramedia, Tempo dsb)
• Rumah produksi multi media (BDI, AvantGarde, dsb)
• Biro Animasi (Red Rocket, dsb)
• Pertelevisian (RCTI, SCTV, TRANS, TPI dsb)
• Humas / public relation lembaga swasta dan pemerintah.
• Wiraswasta dan lainnya.
Kampus:
Banyak kampus yang sbenenarnya punya jurusan ini, namun cuman beberapa yang sudah terakreditasi A, yaitu:
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung
Universitas Kristen Petra, Surabaya
Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
Universitas Trisakti, Jakarta
Sedangkan yang ga masuk daftar diatas tapi yang juga recomended adalah BINUS
intinya kalo kamu merasa dirimu kreatif, memiliki jiwa seni dan berpikiran terbuka… mari gabung ke DKV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar