Sosiologi: Belajar Mengenal Masyarakat


Halo teman-teman yang sedang mencari tahu mengenai jurusan sosiologi! :)
 Melalui tulisan ini, saya ingin menjabarkan beberapa hal mengenai jurusan S-1 sosiologi, khususnya sosiologi FISIP UI. Selamat membaca :)


 Apa perbedaan jurusan S-1 sosiologi murni dengan jurusan S-1 pendidikan sosiologi?
Kalau jurusan pendidikan sosiologi bertujuan untuk mencetak tenaga guru sosiologi yang berkualitas walaupun tidak menutup kemungkinan menjadi dosen atau profesi lain, yang jelas arah utamanya menuju pembentukan profesi guru sosiologi di sekolah. Ilmu atau teori sosiologi hanya sebatas pengantar dan lebih bertujuan dalam aplikasi didunia pengajaran. Lulusan jurusan pendidikan sosiologi biasanya bergelar S.Pd..

Kalau jurusan sosiologi murni bertujuan mencetak ahli sosial yang mampu mendeteksi gejala-gejala sosial yang terjadi di masyarakat dengan kemampuan analisis yang tajam dan memberikan solusinya sesuai dengan teori-teori yang dipelajarinya dengan lebih mendalam dan sama sekali tidak ada mata kuliah keguruan. Di sosiologi murni lebih diajarkan bagaimana cara penulisan ilmiah, penelitian sosial, menganalisis kebijakan, dan lain-lain. Gelar S1 jurusan sosiologi adalah S.Sos.. Sedikit info mengenai perbandingannya mungkin bisa dicek disini.

Nah, sudah tahu kan perbedaan jurusan S-1 sosiologi murni dengan jurusan S-1 pendidikan sosiologi? Tulisan ini hanya mengulas mengenai jurusan S-1 sosiologi murni saja ya ;)

 Mengapa saya memilih jurusan S1 sosiologi sebagai jurusan saya saat kuliah?
Saya memiliki latar belakang IPA saat SMA tapi saya memilih jurusan sosiologi saat kuliah karena beberapa hal. Pertama, saya menginginkan karir saya ke depannya terjun di dunia pemerintahan, khususnya di kementerian. Maka beberapa bulan sebelum daftar SNMPTN tulis, saya mencoba mencari tahu mengenai jurusan yang banyak dibutuhkan di kementerian. Setelah saya list data-datanya, jurusan sosiologi termasuk kedalam jurusan yang banyak dibutuhkan dalam sebuah kementerian. Selain sosiologi, ada beberapa jurusan yang paling banyak dibutuhkan disebuah kementerian tapi saya memilih sosiologi karena passion dan sudah menentukan arah mana yang akan saya tuju kedepannya. Jadi, sebaiknya untuk memilih sebuah jurusan tentukan juga ya passion kamu dimana ;)

Bagaimana serunya menjalani jurusan S-1 sosiologi, khususnya sosiologi FISIP UI?
Serunya kuliah di jurusan sosiologi yaitu hampir seluruh mata kuliah mempelajari teori-teori mengenai realita dalam kehidupan sosial, membuat suatu perencanaan kebijakan sosial dalam memecahkan masalah sosial dimasyarakat, mengasah kemampuan analisa dalam melihat suatu masalah sosial, melakukan penelitian sosial guna melihat kenyataan dilapangan, dan lain-lain. Kalau di sosiologi FISIP UI dalam setiap perkuliahannya akan terbiasa dengan presentasi, diskusi di kelas, membuat makalah ilmiah, penelitian sosial (turun lapangan), kuis sebelum memulai perkuliahan, dan mayoritas sistem belajarnya student-centered learning (pembelajaran berpusat pada mahasiswa). Mayoritas UTS dan UASnya adalah takehome dengan mengumpulkan makalah ilmiah atau laporan penelitian sosial. Maksudnya takehome adalah mengerjakan tugasnya dirumah (kalau bahasa sekolahnya, pekerjaan rumah) jadi mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk ujian dikelas. Takehome bagi mahasiswa FISIP UI sudah menjadi suatu kebiasaan saat UTS dan UAS. Tugas UTS maupun UAS takehomenya dapat dilakukan individu maupun kelompok—tergantung kebijakan dosen. Namun, terdapat pula UTS dan UAS yang dilakukan takehome plus sit-in juga.

Serunya, turun lapang yang dilakukan dibeberapa mata kuliah sosiologi dilakukan di daerah-daerah sesuai dengan fokus mata kuliahnya. Saat saya mengambil mata kuliah sosiologi perdesaan, saya dan teman-teman melakukan penelitian di Kampung Cikaramat, Sukabumi, selama tiga hari menginap dirumah warga. Saat saya mengambil mata kuliah sosiologi relasi etnisitas, saya dan teman-teman melakukan penelitian di kampung Cina Benteng, Tangerang. Enaknya, turun lapangan untuk penelitian yang seperti itu dibayarkan oleh pihak prodi a.k.a gratis.

Menurut Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), akreditasi jurusan S-1 Sosiologi FISIP UI mendapatkan peringkat A. Selain itu, jika IPK kamu diatas 3 maka kamu dapat memilih lulus dengan skripsi atau non-skripsi. Tidak masalah di sosiologi FISIP UI jika lulus non-skripsi karena dalam setiap mata kuliahnya sudah diajarkan bagaimana melakukan penelitian sosial dan membuat laporan penelitian sosial. Terlebih, terdapat mata kuliah di sosiologi FISIP UI dimana prosesnya beda tipis dengan membuat skripsi. Di sosiologi FISIP UI tidak terdapat semester pendek (SP). Walaupun tidak terdapat SP tapi tetap dapat lulus 3,5 tahun kok. Untungnya, mahasiswa sosiologi FISIP UI tidak perlu mengeluarkan uang ratusan ribu untuk mengikuti SP dan tetap dapat lulus cepat. Namun, sepertinya terdapat perbedaan mengenai jurusan sosiologi dibeberapa universitas di Indonesia. Saran saya, coba cari tahu dulu ya bagaimana jurusan S-1 sosiologi di universitas lain :)
*seruput kopi*

Mata kuliah utama sosiologi adalah pengantar sosiologi, metode penelitian sosial kuantitatif, metode penelitian sosial kualitatif, latihan praktek metode penelitian sosial, teori sosiologi klasik, teori sosiologi modern, dan statistik sosial. Jadi, kuliah S-1 sosiologi di universitas mana pun di dunia pasti bertemu dengan mata kuliah tersebut. Mata kuliah keahlian disesuaikan dengan kurikulum di universitas masing-masing dan tak jarang berbeda dikit.

Ada 2 peminatan di dalam jurusan S-1 sosiologi FISIP UI loh…
  • Kebijakan sosial dan industri yang mendalami Dasar-Dasar Perencanaan Sosial, Tanggung jawab sosial korporasi, Sosiologi Industri, Perencanaan dan Evaluasi Program Sosial, dan Konflik Sosial dan Pengelolaan Konflik.
  • Analisis dinamika perubahan sosial yang mendalami Kesenjangan dan Eksklusi Sosial, Sosiologi Gerakan Sosial, Gender dan Sruktur Sosial, Identitas Sosial dan Dinamika Global, dan Sosiologi Organisasi dan Institusi Sosial.
Mengenai peminatan, tidak terdapat perbedaan khusus terhadap karir kedepannya. Jadi, pilihlah sesuai  passion dari nama-nama mata kuliahnya. ^^
*

Berikut adalah prospek kerja jurusan S-1 sosiologi yang dikutip dari berbagai sumber…
Sumber [1]: Lulusan Prodi Sosiologi akan memilki peluang yang besar untuk memasuki bidang kerja yang beragam, antara lain: Community Development, Analisis Pasar, Marketing, Perbankan, Media Cetak dan Elektronik, LSM, Birokrasi, HRD, Lembaga Pendidikan dan Penelitian serta Konsultan.

Sumber [2]:
image



Sumber [3]: Peluang kerja lulusan program studi sosiologi adalah Peneliti, Ilmuwan di bidang sosial, Social Analyst, Pendidik, Market Analist, Konsultan, NGO, Perencana Pembangunan. Sedangkan bidang kerja yang berkaitan adalah di Instansi Pemerintahan seperti Departemen dibawah koordinasi Kesejahteraan Rakyat seperti Departemen Sosial, Departeman Pemberdayaan Perempuan, Departemen Pertanian, Departemen Pendidikan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, serta Dewan Perwakilan Rakyat. Lulusan program studi ini pun berpeluang bekerja di instansi swasta yang bergerak di bidang profit maupun non profit.


Sumber [4]: Lulusan jurusan sosiologi dapat diterima di hampir seluruh sektor lapangan pekerjaan, seperti: BUMN, perbankan, peneliti, pendidik, jurnalistik, LSM, departemen pemerintah. Beberapa juga bekerja di bidang penelitian, pendidik (guru dan tenaga pengajar lain), jurnalistik dan staf departemen pemerintah, baik di daerah maupun di pusat.

Sumber [5]: Alumni program studi Sosiologi memiliki prospek kerja terbuka, baik di instansi pemerintah maupun swasta. Di instansi pemerintah, bisa sebagai peneliti, menjadi perencana, menjadi pendidik/penyuluh. Sedangkan di perusahaan swasta, lulusan dapat  menjadi konsultan pembangunan. peneliti, dan lain-lain.

Sumber [6]: Alumni program studi Sosiologi memiliki prospek kerja terbuka, baik di instansi pemerintah maupun swasta. Di instansi pemerintah, bisa sebagai peneliti, menjadi perencana, menjadi pendidik/penyuluh. Sedangkan di perusahaan swasta, lulusan dapat  menjadi konsultan pembangunan. peneliti, dan lain-lain.
*

Menurut data QS Stars University Ranking by Subject tahun 2013, berikut peringkat lima besar jurusan sosiologi di Indonesia yaitu UGM, UI, Unair, ISI Yogyakarta, dan UMM. Kelima universitas tersebut memiliki akreditasi A di jurusan S-1 Sosiologinya. Bagaimana penjelasan mengenai jurusan S-1 Sosiologi? Seru dan mantap, kan? Yuk, jadi bagian lulusan sarjana sosiologi! :)
(*)

Aufa Apriliani | @aufaapriliani
Sosiologi 2012, UI
aufhaapriliani@gmail.com

Sumber:

[1] http://www.uajy.ac.id/program-studi/sarjana/program-studi-sosiologi/
[2] http://sosiologi.ub.ac.id/wp-content/uploads/2014/01/Buku-Pedoman-FISIP-2013-2014.pdf
[3] http://www.unud.ac.id/ind/wp-content/uploads/038.pdf
[4] http://fisip.unsoed.ac.id/content/prospek-dunia-kerja-2
[5] http://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-sosial-ilmu-politik/sosiologi/
[6] http://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-sosial-ilmu-politik/sosiologi/


sumber berita : http://jurusankuliah.tumblr.com/post/90884987508/sosiologi-belajar-mengenal-masyarakat

sumber gambar : lensa-profesi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar