Kampus Buka Pintu Sosialisasi SNMPTN




PADANG - Akhir tahun ini merupakan masa yang tepat bagi sekolah dan siswa SMA mencari tahu tentang peluang kuliah tahun depan. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi kampus dan bertanya tentang proses seleksi masuk di sana.


Bahkan, Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), membuka kesempatan kepada SMA/SMK di Indonesia berdialog dengan pimpinan kampus terkait Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unand, Syafwardi menjelaskan, kesempatan tersebut memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Bagi Unand, ujar Syafwardi, tentunya kunjungan ini akan memudahkan dalam sosialisasi SNMPTN atau SBMPTN serta dalam promosi kampus. Sedangkan bagi sekolah hal ini akan membuka cakrawala pengetahuan siswa tentang kampus termasuk melihat dan merasakan suasananya.
"Proses SNMPTN cukup rumit bila dijabarkan. Melalui dialog dengan sekolah hal ini akan menjadi mudah dipahami," imbuhnya.

Syafwardi mengimbuhkan, pengalaman terdahulu memperlihatkan, banyak sekolah gagal mendaftarkan siswanya mengikuti SNMPTN karena berbagai hal sepele. Permasalahannya, imbuh Syafwardi, karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman dari materi yang diberikan saat sosialisasi.

"Dialog ini dapat mencegah hal tersebut. Dan permasalahan semisal kesulitan pada pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah juga akan teratasi," imbuh Syafwardi.

Dia memastikan, semua sekolah baik dalam maupun luar Sumbar bahkan hingga luar negeri dapat berkunjung dan berdialog dengan pimpinan Unand. Dengan catatan, telah mengurus administrasi dan pemberitahuan dengan rentang waktu sebelum berkunjung.

"Biasanya rektor, wakil rektor, kepala biro bahkan pimpinan fakultas akan menjadi narasumber dalam dialog tersebut," ujarnya.

Sementara itu guru di salah satu SMA negeri kota Padang, Rhama mengapresiasi langkah Unand dalam membuka kesempatan sekolah berdialog ini. Menurutnya hal ini dapat membantu sekolah dan siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi SNMPTN.

"Khusus bagi siswa, ini dapat memotivasi untuk belajar lebih giat demi masuk perguruan tinggi favorit," katanya.

(rfa)

sumber : http://news.okezone.com/read/2015/12/28/65/1276072/kampus-buka-pintu-sosialisasi-snmptn 
sumber gambar : www.pendidikanindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar