Faktor yang Membuat Gagal Masuk PTN

JAKARTA – Bagi kamu yang tidak lolos dalam SBMPTN 2015, jangan bersedih. Ingat, masih banyak alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk tetap berkuliah.
Tetapi, enggak ada salahnya bila kamu mengintrospeksi diri atas kegagalan tersebut. Hal ini supaya jika tahun depan kamu ingin mencoba tes kembali, kamu bisa lebih mempersiapkannya dengan baik.

Berikut ini Okezone telah merangkum empat kemungkinan penyebab kamu tidak lolos dalam seleksi tersebut.
1. Menyamakan soal UN dengan ujian masuk PTN
Ini adalah kesalahan umum yang sering dilakukan banyak calon mahasiswa. Apalagi, sebelum kelulusan biasanya para siswa fokus pada persiapan Ujian Nasional (UN), sehingga kurang persiapan untuk menghadapi soal masuk PTN yang jauh berbeda. Soal masuk PTN umumnya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Pasalnya, soal tersebut digunakan untuk menyeleksi calon-calon mahasiswa terbaik sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan suatu kampus.
2. Kurang atau kebanyakan belajar
Segala hal yang kurang atau kelebihan itu tidak baik, begitu juga belajar. Kurang belajar membuat kita tidak siap dalam menjalani ujian seleksi masuk PTN. Sedangkan terlalu banyak belajar membuat kita menjadi tidak fokus karena terlalu banyak materi yang masuk ke dalam otak.
Oleh karena itu, belajarlah secukupnya. Pelajari tipe-tipe soal seleksi PTN melalui bank soal atau buku panduan. Kamu juga bisa mengikuti bimbingan belajar atau tutor untuk persiapan masuk PTN. Hal terpenting, perbanyak latihan soal. Sebab, semakin kamu banyak latihan, kamu akan semakin tahu soal-soal mana yang sering keluar sehingga lebih fokus.
3. Tidak memprediksi jumlah pesaing
Terkadang karena idealisme semata, kita ngotot mendaftar ke kampus atau jurusan yang memiliki banyak peminat. Hal tersebut boleh saja kamu lakukan, tapi kamu juga harus mempertimbangkan kemampuanmu.
Selain itu, jangan menganggap bahwa jika kamu berasal dari sekolah favorit di kota besar, maka kamu akan memiliki kesempatan lolos lebih besar pula. Coba deh cari tahu dahulu peminat dan pesaing kamu di kampus atau jurusan yang kamu minati tersebut. Adapun data-data itu bisa kamu dapatkan di internet dengan merujuk dari peminat tahun sebelumnya.
4. Faktor lainnya

Selain ketiga faktor tersebut, terdapat juga beberapa faktor lain yang menyebabkan kamu enggak lolos seleksi masuk PTN. Di antaranya, faktor kesehatan saat seleksi berlangsung, kemudian kesalahan teknis atau kecerobohan dalam mengisi identitas atau saat pengisian lembar jawaban.
sumber berita  : http://news.okezone.com/read/2015/07/14/65/1181523/faktor-yang-membuat-gagal-masuk-ptn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar