Review Jurusan Teknik Perkapalan Terbaru

Review Jurusan Teknik Perkapalan Terbaru - Haloo , apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar jurusan Teknik Perkapalan? Kapal laut dan nakhoda? Eitsss, ini bukan tentang nakhoda, jurusan ini berbeda dengan Pelayaran. Terus apa? Baca dulu, doooong!
Jurusan ini biasanya juga disebut dengan Marine Engineering atau Naval Architect Engineer. Keilmuan Teknik Perkapalan ini mempelajari kapal atau bangunan apung beserta perencanaan (seperti arsitek, kan? Itulah alasan mengapa jurusan ini disebut naval architect engineer) dan pembangunannya mulai dari konsep kapal, desain kapal, bentuk badan kapal, rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi laut.




Review Jurusan Teknik Perkapalan Terbaru 
Sebagian besar, peminat Teknik Perkapalan memang laki-laki, tapi ada juga perempuan yang berkuliah di jurusan ini. So, buat kamu yang perempuan tapi berminat di perkapalan, why not?
Gambaran mata kuliah yang nantinya akan kamu pelajari adalah Fisika, Matematika, Mekanika Teknik, Mekanika Teknik, Mekanika Fluida, Listrik Kapal, Termodinamika, Menggambar Teknik (disini kamu akan belajar seluruh dasar-dasar menggambar teknik, bukan menggambar seni ya), Teknologi Informasi dan Pemrogramman Komputer, Manajemen Industri Kapal, Analisa Numerik, Teori Bangunan Kapal, Konstruksi Kapal, Kapal Perikanan, Dinamika Kapal, Getaran Kapal, dan lain sebagainya.
Metode belajarnya tidak hanya di kelas lho guys, kamu juga akan belajar di laboratorium atau studio seperti Laboratorium Hidrodinamika Kapal, Laboratorium Produksi Kapal, Laboratorium Perencanaan dan Sistem Transportasi, Laboratorium Komputasi, dan Studio Gambar. Selain itu, kamu juga akan dibekali dengan keahlian-keahlian seperti keahlian perencanaan kapal, kekuatan kapal, struktur dan teknologi pembangunan dan reparasi kapal, serta keahlian tambahan lainnya. Terdengar menyeramkan? Tenang, semua tergantung kita. Asalkan ulet, rajin, dan gak banyak nunda, pasti bisa!
Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan ini, kalian harus memiliki minat disertai kemampuan untuk menjalani perkuliahannya. Untuk mengetahui apakah jurusan ini cocok untuk kalian, silahkan gunakan program TES ONLINE bidikmasadepan.com ya guys, biar ga salah pilih jurusan.. okey !!!
Review Jurusan Teknik Perkapalan Terbaru 
Karir lulusan jurusan ini cukup menjanjikan. Dengan pengetahuan dan keahlian yang dimiliki, kamu bisa memiliki peluang untuk bekerja sebagai tenaga ahli bidang perencanaan, pembangunan, serta perbaikan kapal dan alat apung lainnya dalam industry maritim. Kamu juga bisa menjadi surveyor atau engineer. Perusahaan-perusahaan transportasi laut, pertambangan, pelabuhan, perhubungan, konsultan kapal, dan perminyakan juga membutuhkan lulusan jurusan ini.
Selamat memilih karir di masa depan ya guys..
#SUKSESHargaMati

selain itu adapun info dari ITS bahwa 

Bidang Keilmuan
  1. Sistem Penggerak Utama & Transmisi Tenaga
    Meliputi dasar-dasar pengertian dalam perancangan, penganalisaan, pengoperasian serta pemeliharaan dari penggerak utama untuk kendaraan-kendaraan laut (marine vehicles), kapal perang, kapal selam (submarine) dan sistem-sistem di bangunan lepas pantai (semi submersible). Dan juga meliputi aspek perancangan, penganalisaan sistem tenaga yang tepat dengan sistem penggerak utamanya sesuai constraints yang ada (berat, ukuran, lay-out ruangan dan lain-lain).

  2. Sistem Pengendalian dan Monitoring
    Meliputi dasar-dasar pengertian dalam perancangan, penganalisaan tentang sistem kontrol yang terpasang untuk kebutuhan di kapal ataupun bangunan lepas pantai, misalnya sistem kontrol untuk fin stabilizers, sistem kontrol pada peletakan pipa-pipa bawah laut (subsea pipeline), dan lainnya. Sistem monitoring di sini, berkaitan dengan pemonitoran unjuk kerja (performance) dari komponen-komponen yang terangkat ataupun bangunan lepas pantai.

  3. Sistem Perpipaan dan Instalasi Listrik
    Meliputi perancangan, penganalisaan, pengoperasian dan pemeliharaan seluruh sistem pipa dan pompa-pompa yang terangkai (misalnya sistem balast, drainage, bilga, pemadam kebakaran, cargo handling untuk kapal tanker, dan lainnya), di dalam menunjang kegiatan operasi dari kapal ataupun bangunan lepas pantai. Sedangkan di dalam bidang studi instalasi listrik diajarkan mengenai perancangan, penganalisaan dan pengoperasian dari seluruh sistem-sistem perlistrikan yang dibutuhkan di kapal dan bangunan lepas pantai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar