Awas, Penipu Sasar Siswa Lolos SNMPTN

suarasurabaya.net - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi incaran penipu. Modusnya memberikan sebuah surat pemberitahuan bahwa siswa yang lolos diterima masuk oleh salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Surat tersebut cukup meyakinkan, karena ada kop yang berlogo SNMPTN dan PTN tempat pendaftar diterima. Selanjutnya calon mahasiswa itu diminta untuk menghubungi ke nomor telepon tertentu.

Bagus Ani Putra Ketua Pusat Informasi dan Humas Universitas Airlangga mengaku sudah ada beberapa siswa yang diterima Unair dikirim surat penipuan itu.

"Memang belum ada yang sampai tertipu atau sampai menyetorkan uang, tetapi sudah ada sejumlah siswa yang diterima Unair menerima surat tersebut, "katanya Senin, (3/6/2013).

Bagus menjelaskan, pihaknya menerima sejumlah pengaduan lewat telpon dan pesan singkat sms. Initinya menanyakan soal surat pemberitahuan dari Unair.

"Sekarang ini kami sedang berusaha mengumpulkan bukti. Kalau sudah lengkap, baru akan kami bawa ke Polda Jatim untuk laporkan. Karena ini meresahkan, "kata Bagus.

Bagus juga menegaskan panitia SNMPTN, PTN termasuk Unair kata dia juga pernah mengirimkan surat pemberitahuan. Tata cara pengisian formulir bagi siswa yang lolos SNMPTN dilakukan secara online.

Kalau mendapati surat macam ini, dan yang bersangkutan ragu, Bagus menyarankan untuk menghubungi universitas tempatnya diterima. (ran/rst)


Editor: Restu Indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar