589 Ribu Siswa Telah Daftar SNMPTN 2013

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak dibuka pendaftaran siswa SMA/SMK/MAN untuk jenjang undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 hingga tanggal 3 Maret 2013 telah terdaftar sekitar 589.049 peserta.

"Ya, sampai saat ini pendaftaran SNMPTN telah menembus angka 589.049 peserta, pada pukul 15.54 WIB, tanggal 3 Maret,2013,"ungkap Sekretaris SNMPTN 2013,Rochmat Wahab ketika dihubungi Media Indonesia, Minggu,(3/3).


Namun begitu,ia mengakui, untuk Indonesia kawasan timur masih rendah pendafatarannya,seperti Maluku , Maluku Utara, serta Papua Barat.

"Upaya yang mesti dilakukan adalah, mendorong semua pimpinan PTN diharapkan mengoptimalkan sosialisasi dan pendampingan secara offline terhadap sekolah dan calon mahasiswa yang membutuhkannya,"jelas Rochmat Wahab yang juga Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Saat ditanya,apa saja yang menjadi kendala kawasan timur hingga masih rendah pendaftaran SNMPTN nya. Rochmat menjelaskan,diperkirakan secara eksternal karena keterbatasan fasilitas IT dan secara internal faktor motivasi.

Terkait pendaftaran SNMPTN tersebut sejumlah pimpinan sekolah di Jakarta yang berhasil dihubungi Media Indonesia,mengaku masih melakukan proses pendaftaran siswa mereka.

Pimpinan SMA N 8 Jakarta, Ahmad Yani mengatakan dari 317 siswa kelas XII yang sudah dientry atau mendaftar sebanyak 150 sudah menentukan pilihan,"Yang terbanyak mereka memilih ke UI dan ITB, sisanya dalam hari terakhir ini akan semakin banyak yang mendaftar,"kata Ahmad Yani

Kepala SMK N 27 Jakarta, Sudiono mengungkapkan dari 293 siswa kelas XII hanya 78 peserta yang daftar SNMPTN. "Mereka memang dipersiapkan untuk bekerja bukan melanjutkan ke PT dan itu sesungguhnya yang membedakan dengan SMA. Maklum saja, 95 persen mereka terdiri dari keluarga menengah ke bawah, sisanya 5% saja dari mereka anak keluarga mampu," ungkap Sudiono.

Kepala SMA Labschool Jakarta, Fakhrudin menyatakan sejauh ini ada delapan siswa dari 231 siswa kelas XII yang tidak mendaftar SNMPTN. "Delapan orang ini akan mengambil studi ke luar negeri atau ke PTS, Namun begitu 223 siswa yang didaftarkan masih proses finalisasi," ungkapnya. (Syarief Oebaidillah/Agt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar