SNMPTN Online Dibuka

SEMARANG - Siswa kelas XII dari jenjang pendidikan SMA/SMK/MA yang direkomendasikan kepala sekolah dan datanya sudah tercantum di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), dapat mendaftarkan diri secara online untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Pendaftaran dibuka mulai hari ini, Jumat (1/2), di laman www.snmptn.ac.id hingga 8 Maret 2013, secara gratis.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo, kemarin. Dia mengatakan, sebagaimana SNMPTN jalur undangan 2012, pada SNMPTN 2013 juga memiliki prosedur dan syarat yang sama, yakni berdasarkan nilai rapor serta prestasi lain. Selain itu, siswa harus mendapat rekomendasi dari sekolah dan terdaftar di PDSS.

”Lewat pendaftaran SNMPTN 2013 siswa juga dapat memilih program studi seni dan olahraga, sebab seleksi dua kelompok prodi ini juga didasari nilai rapor, bukti prestasi, dan portofolio. Semua secara online dan pendaftaran tidak dipungut biaya,” katanya.

Pengisian PDSS oleh kepala sekolah berlangsung sejak 17 Desember hingga 8 Februari.Tak hanya siswa kelas XII yang nilai rapornya perlu diisikan, tetapi juga siswa kelas X dan XI.

6.680 Kursi

Sudijono menjelaskan, secara keseluruhan universitas yang dipimpinnya menyediakan 6.680 kursi untuk mahasiswa baru. ”Sebanyak 3.638 atau 55% di antaranya akan diterima melalui SNMPTN,” katanya. Selain SNMPTN, mahasiswa baru Unnes akan diterima lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau dulu disebut sebagai SNMPTN ujian tulis dan ujian mandiri, yakni Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU).

Keduanya menggunakan ujian tulis dan keterampilan khusus untuk yang memilih program studi olahraga dan seni sebagai skema seleksi. ”Khusus untuk lulusan 2011 dan 2012 bisa mendaftar lewat SBMPTN dan SPMU, sedangkan mahasiswa program diploma hanya menerima lewat seleksi mandiri.”

Tahun 2013 Kemdikbud kembali menyediakan beasiswa Bidikmisi bagi calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Secara khusus Unnes menyediakan informasi mengenai beasiswa ini di laman http://bidikmisi.unnes.ac.id. (K3-37) (/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar