Siswa Masih Wait and See Daftar SNMPTN

JAKARTA - Sekira sepuluh hari menjelang penutupan pendaftaran SNMPTN 2013, masih banyak siswa SMA/sederajat yang belum mendaftarkan diri. Di Jawa Tengah, tepatnya di panlok SNMPTN Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, baru 25 persen sekolah mendaftarkan diri di laman Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) SNMPTN 2013. 

Ketua Panitia SNMPTN 2013 UNS, Prof Drs. Sutarno, MSc. PhD mengungkap, salah satu alasan masih banyak siswa belum mendaftar SNMPTN adalah karena mereka masih wait and see. "Mereka umumnya masih mempelajari kira-kira fakultas beserta jurusan yang banyak dipilih oleh pendaftar. Program studi mana saja yang persaingannya ketat," ujar Sutarno, Selasa (26/2/2013) 


Pembantu Rektor I UNS ini memaparkan, hingga hari ini sudah 24.185 pendaftar memilih UNS. Namun, masih banyak siswa dari 13.303 sekolah di Indonesia yang telah terdaftar pada PDSS belum mendaftarkan diri pada SNMPTN 2013. 

Sutarno mengungkap, lonjakan pendaftar yang cukup tajam biasa terjadi pada hari-hari akhir menjelang penutupan pendaftaran. Secara kuantitas, ujarnya, bisa mencapai tiga kali lipat dari hari biasa. Pendaftaran SNMPTN 2013 akan serentak ditutup pada 8 Maret 2013 mendatang.

"Saya hanya mengingatkan kepada para calon pendaftar agar segera melakukan pendaftaran. Sebab, jika saat hari-hari akhir menjelang penutupan dikawatirkan terjadi penumpukan sehingga menyebabkan akses susah masuk," imbuh Sutarno.(rfa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar