Ribuan Siswa di Jateng Tak Bisa Ikuti SNMPTN 2013

SOLO, suaramerdeka.com - Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terancam gagal memenuhi target pendaftar Seleksi Nasional Masuk Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN)2013. Pasalnya, dari 2.702 sekolah di Jateng, sebanyak 851 di antaranya tidak melakukan unggah data ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan 159 sekolah gagal menyelesaikannya.
Ketua SNMPTN 2013 UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta Prof Drs Sutarno MSc PhD mengemukakan, sekolah yang tidak mengunggah data ke PDSS maupun gagal menyelesaikannya maka secara otomatis siswanya tidak bisa mendaftar SNMPTN 2013.

Sutarno berharap,  banyaknya sekolah yang tidak mengikuti PDSS maupun gagal mendaftar dalam PDSS tidak memengaruhi jumlah pendaftar. ''Prediksi kami pendaftar tetap tinggi. Namun mungkin target UNS mendulang 40.000 pendaftar SNMPTN 2013 tampaknya bakal sulit tercapai,'' kata Sutarno.
Dikatakan, 1.010 sekolah baik yang tidak mengunggah PDSS maupun yang gagal menyelesaikannya tidak bisa mengikuti SNMPTN 2013.  Ia menegaskan, besar kemungkinan apabila kuota calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN sejumlah 50 persen atau untuk UNS sebanyak 2.600 kursi tidak terpenuhi, maka kuota bisa dialihkan ke SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), dan jalur mandiri UMBPT (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi).
Sebelumnya pada 2013 ini UNS menargetkan sejumlah 40.000 orang akan mendaftar di jalur SNMPTN 2013. Sekitar 2.600 saja atau 50 persen dari total kuota sekitar 5.400 saja mahasiswa baru (maru) akan diterima melalui jalur tersebut. Selebihnya, 40 persen atau sekitar 2.100 maru akan diseleksi lewat jalur tulis SBMPTN, dan 10 persen sisanya atau sekitar 540 maru akan diterima melalui jalur mandiri UMBPT.
Sementara itu Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS juga menambahkan, pihaknya optimistis kuota penerimaan calon maru pada 2013 ini akan terpenuhi. Ini melihat pendaftar tahun lalu yang mencapai 80.000 lebih untuk tiga jalur yang ditawarkan UNS.
"Kuota (SNMPTN) akan terpenuhi dan masih ada beberapa jalur bagi mereka yang tidak bisa ikut SNMPTN, seperti SBMPTN dan UMBPT untuk jalur mandiri. Bagi mereka yang mau kuliah, SNMPTN tidak menjadi satu - satunya untuk masuk (PT)," imbuh Ravik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar