Info Masuk PTN 2013 Untuk Bagi Para Alumni SMA

Info Masuk PTN 2013 Untuk Bagi Para Alumni SMA -Okezone.com JAKARTA - Pemerintah menetapkan, Seleksi Nasional Masuk  Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 akan dilakukan satu pintu melalui sistem jalur undangan. Seleksi akan dilakukan dengan melihat nilai rapor dan mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN). Artinya, pendaftar SNMPTN 2013haruslah siswa yang masih aktif pada tahun ajaran berjalan. Lantas bagaimana nasib para alumni?  


Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka menyatakan, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) sepakat, akan mengadakan ujian tulis mandiri bersama, setelah periode seleksi usai. Ujian mandiri ini, dapat diikuti oleh alumni SMA yang tahun lalu masih gagal dalam SNMPTN. Porsi mahasiswa baru yang akan diterima melalui ujian mandiri ini sekira 30 persen dari keseluruhan kuota mahasiswa PTN baru tahun ajaran 2012/2013. 

"Tetapi, peserta ujian mandiri ini harus membayar biaya pendaftaran, tidak seperti SNMPTN yangbebas biaya pendaftaran," kata Akhmaloka dalam acara Launching SNMPTN 2013 di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, tadi malam.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu tidak menyebut kapan tepatnya ujian mandiri bersama akan dilangsungkan. Namun, Akhmaloka meyakinkan, seleksi dan tes tertulis tersebut akan digelar usai ujian nasional. "Ini sesuai amanat undang-undang," imbuhnya. 

Untuk mengikuti seleksi, sekolah harus mendaftarkan diri dan data siswanya pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai 17 Desember 2012 hingga 8 Februari 2013. Periode pendaftaran adalah 1 Februari - 8 Maret 2013. Panitia SNMPTN 2013 dengan Kemendikbud akan menyeleksi data pendaftar yang masuk pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013.(rfa)

3 komentar:

  1. aadmiiin.. ane (alumni '12) mo nanya nih:

    1.jadi snmptn 2013 buat undangan doang, trus tes tulisnya (kyk taun lalu) dihapus? ato ganti nama??

    2.kalo tes tertulisnya ga dihapus, boleh ga alumni taun lalu ikut tes tertulis?

    3.yg dimaksud ujian mandiri di berita ini tuh yg contohnya kyk simak ui gitu atau ada ujian khusus buat alumni dari pemerintah?

    udah itu dulu yg mau ane tanyain, makasih ya min..

    BalasHapus
  2. Makin rame ajah. Dan sepertinya persaingan juga makin ketat karen biaya daftar SNMPTN juga udah digratiskan.

    BalasHapus
  3. sungguh sangan disayangkan bila untuk para alumni diadakan SMBPTN yang statusnya serba mahal dengan uang mandiri..
    pernahkah bapk - bapak menteri sekalian merasakan bagaimna rasanya menjadi alumni yang belum pada tahun ini dan ingin mencobanya untuk tunjukkan bahwa kita bukannya bodoh dan tidak layak masuk PTN tapi hanya keberuntungan dan kurangnya strategi...
    lalu bagaimana nasib nasib alumni dari desa yang bila pada tahun depan mengikuti SMBPTN yang sama harga kuliahnya mahal dengan mandiri,,bagaimna ia dapat mengecap pendidikan yang lebih baik ,,hancur begitu sajakah mimipi - mimpi itu..jangan salahkan bila pelajar INdonesia banyak yang menganggur diakibatkan ulah pemerintahnya sendiri yang secara tidak langsung membuat mereka Frustasi dan Stress.
    akibatnya ketidakadilan dari sistim pendidikan ini.

    BalasHapus