Kunci Sukses untuk SNMPTN Jalur Undangan

Kunci Sukses untuk SNMPTN Jalur Undangan - Mendapatkan kesempatan di SNMPTN Undangan, atau PMDK, Mungkin menjadi suatu kebanggaan buat diri kita.Bayangkan, diantara ratusan siswa disekolah, kamu merupakan salah satu yang terpilih untuk mendapatkan kesempatan untuk mengikuti SNMPTN Undangan.Membanggakan bukan? 

Namun, coba simak fakta dibawah ini...


"Jumlah pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi (SNMPTN) sebanyak 53.401 siswa, termasuk di dalamnya siswa penerima Program Bidikmisi," tutur Sekum Panitia SNMPTN 2012, Rochmat Wahab di Gedung Dikti, Kantor Kemendikbud, Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta, Sabtu, (26/5/12).Jumlah pendaftar SNMPTN jalur undangan tahun 2012 sebanyak 236.811 siswa. Angka itu bertambah 9 persen dibandingkan dengan pendaftar pada SNMPTN jalur undangan tahun 2011"
(http://news.detik.com/read/2012/05/26/142024/1925463/10/?992204topnews)

Sudah dilihat? Lalu apa kesimpulannya? yaa secara garis besar, berhati-hatilah dalam memilih jurusan, bila nilai rata2 anda masih dibawah 9,00 dan tidak ber-sertifikat yaa jangan coba-coba memilih Kedokteran UI ataupun FTTM ITB, kecuali bila anda sudah yakin dan sudah siap dengan kemungkinan terburuk.. (pengalaman teman2 saya di SMAN 1 dan SMAN 68 yang tahun 2012 lalu gagal masuk kedokteran UI, padahal nilai rata2nya 8,90, dan 9,30)

Memang, bukan suatu kesalahan jika jurusan yang anda minati begitu terkenal. Terlebih bila anda sudah siap dengan tes ujian tertulis. Sah-sah saja buat anda. Namun, bila anda tidak siap dengan tes tertulis atau pun tidak tau bagaimana soal-soal ujian tertulis itu, maka JANGAN sekali-kali berbuat nekat seperti di atas ya kawan-kawan, karena hanya akan menyianyiakan kesempatan anda. Terlebih, untuk tahun 2013  SNMPTN Tulis secara resmi dikurangi kuotanya, hanya tersisa 10%, dan diperebutkan oleh lulusan 2011, 2012, dan 2013. Berarti untuk amannya, hanya ada 2 jalur, Jalur SNMPTN Undangan, atau Ujian Mandiri. Namun saya sarankan, jangan terlalu minat ke ujian mandiri, kecuali anda sudah siap merogoh kocek cukup dalam. (Biaya kuliah via Ujian Mandiri LEBIH MAHAL dibandingkan SNMPTN)

Nilai yang akan menjadi penentu lolos atau tidaknya kita untuk mendapatkan kesempatan SNMPTN Undangan adalah nilai-nilai mata pelajaran semester 3, 4, dan 5 yang di UN-kan, (MIPA/MIPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), kecuali untuk peserta BIDIK MISI, yang menyaratkan SEMUA nilai mata pelajaran semester 1-6. Di rekomendasikan nilai andaKONSTAN, atau MENINGKAT.Kuota untuk mendapatkan kesempatan di SNMPTN Undangan di tiap sekolah bergantung kepada AKREDITASI nya. Sekolah Berakreditasi A akan mendapat kuota yang lebih banyak dibandingkan sekolah berakreditasi B, dan Sekolah berakreditasi B akan mendapat kuota yang lebih banyak dibandingkan sekolah berakreditasi C. Untuk informasi akreditasi, tanya ke sekolah masing-masing yaaa, hehehe.
Lalu apa strategi yang perlu disiapkan menjelang SNMPTN Undangan? Saya akan memberikan sedikit penjabarannya dibawah ini, :

Kiat Sukses Jalur Undangan :
a.      Pilihlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan hati nurani, bukan dengan paksaan orang lain.Pertimbangkan juga jumlah peminat tahun lalu dengan jumlah kursi yang tersedia.Bila jumlah peminat sangat banyak dan mencapai ribuan, bisa dipastikan jurusan itu merupakan jurusan terbaik dan memiliki Passing Grade yang sangat tinggi di PTN tersebut. Sebut saja Perminyakan, Kedokteran, Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan masih banyak lainnya.
b.      Pilihlah PTN yang memiliki banyak mahasiswa (terutama yang berprestasi) yang berasal dari sekolahmu (Alumni Sekolah) 
c.       Pilihlah Program Pendidikan/Jurusan dengan bijak, karena penerimaannya tergantung dari nilai pelajaran-pelajaran tertentu. Misalnya, kamu ingin memilih Fakultas Kedokteran, maka seluruh nilai Rapotmu yang berbau IPA (Matematika,Fisika,Kimia,Biologi/MIPA) WAJIB berada diatas rata-rata. Hal ini dikarenakan Fakultas Kedokteran memiliki tingkat peminat yang SANGAT TINGGI, sehingga tak heran bila persaingan dan seleksinya sangat ketat.Tetapi bila kamu memilh jurusan Teknik Kimia, maka hendaknya nilai mata pelajaran kimia mu diatas rata-rata. Tapi bukan berarti tidak apa-apa bila nilai selain yang berhubungan dengan jurusan tergolong kurang, karena pasti banyak orang-orang yang memiliki nilai-nilai yang bagus di mata pelajaran tertentu. Bila hal ini terjadi, maka seleksi berikutnya adalah “adu nilai” alias membandingkan jumlah nilai keseluruhan. Nantinya peserta dengan nilai tertinggilah yang akhirnya lulus seleksi. 

Berikut Mata Pelajaran yang perlu dipertimbangkan terhadap Jurusan, urutan merupakan prioritas pelajaran yang dipertimbangkan,menurut saya:

Jurusan/Prodi
Mata Pelajaran
Kedokteran / Kesehatan Masyarakat
MIPA
Teknik Perminyakan/Pertambangan/Kimia
Kimia, Matematika, Fisika
Teknik Metalurgi/Mesin/Nuklir
Fisika, Matematika
Teknik Sipil/Geodesi/Geomatika
Fisika, Matematika
Teknik Elektro/Elektronika
Fisika, Matematika
Teknik Geologi/Kebumian/Geografi/Oceanografi/Kelautan
Fisika, Matematika
Teknik Pertanian/Agronomi Hortikultura/Kehutanan
Biologi, Kimia,
Teknologi Pangan/Bioproses/Gizi
Kimia, Bilolgi
Teknik Informatika/Sistem Informasi/Ilmu Komputer/Statistika
Matematika
Agribisnis/Manajemen (IPA)
Matematika,Bahasa Indonesia dan Inggris
Komunikasi (IPS)
IPS,Bahasa Indonesia dan Inggris
Hukum/FISIP
IPS
Ilmu Administrasi/Ekonomi
Ekonomi,Matematika
Manajemen (IPS)
Ekonomi, Bahasa Indonesia dan Inggris


d.      Bila diperbolehkan, lampirkan sertifikat sebagai bukti prestasi Akademis ataupun non akademis untuk memperbesar peluang anda untuk diterima di PTN yang anda minati.
e.      Mengenai Passing Grade, setiap PTN Tidak pernah memberi tahu kepada pihak publik.tapi menurut saya, bila anda memiliki nilai rata-rata diatas 85, dan di PTN yang anda tuju terdapat banyak alumni seperti yang saya sampaikan diatas, Insya Allah anda AMAN, kecuali untuk jurusan-jurusan tertentu dengan passing grade dan jumlah peminat tertinggi. Cek di SNMPTN.AC.ID , klik Daftar Prodi, klik Jalur Undangan.
Namun bila nilai anda dibawah itu, jangan berkecil hati. Konsultasikan lah pada Guru BK sekolah mu, biasanya masukan dari guru BK SANGAT AMPUH. *Saya sudah buktikan sendiri, hehe
f.    Bila memungkinkan, pilihlah jurusan PTN yang TIDAK SAMA dengan jurusan pilihan teman anda, kecuali bila memang anda dan teman anda memang sangat menginginkannya dan sudah siap dengan jalur lain apabila tidak diterima, karena sebagian PTN ada yang hanya memilih satu orang siswa saja dari sekolah tertentu untuk satu jurusan, tentu ini menjadi langkah untuk menyingkirkan teman anda bukan?? mengapa saya memberi tahu hal ini? karena tahun 2012 lalu sebagian angkatan saya, termasuk saya yang masuk calon undangan melakukan kesalahan ini, sehingga banyak yang secara tidak sengaja tersingkir oleh teman sendiri yang peringkat undangannya lebih tinggi (Peringkat Undangan biasanya dipegang oleh guru BK setelah semester 5 selesai), termasuk saya yang menyingkirkan teman sekelas saya yang selama 3 tahun sekelas sama saya  T_T...,   dan saat itu kami belum tahu dengan hal ini, sampai akhirnya kami investigasi, bahwa memang ada sebagian PTN yang menerapkan sistem seperti itu. Jadi bijaksana-lah dalam memilih.. :)
g .     Perbanyaklah doa kepada Allah, dan bila perlu salat Istikarah untuk menentukan mana pilihan yang terbaik, Insya Allah SNMPTN mu sukses 

Yaap, saya kira cukup informasinya, semoga membantu dan SUKSES!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar