Panduan Snmptn 2013 Untuk Sekolah

Panduan Snmptn 2013 Untuk Sekolah - Dalam rangka untuk memudahkan pihak sekolah dalam membantu mendaftarkan para siswanya dalam Snmptn Jalur Undangan tahun 2013 kami memberikan Panduan Snmptn Jalur Undangan Untuk Sekolah. Untuk mendapatkan username dan password, pihak sekolah harus mendaftarkan sekolahnya terlebih dulu. Sekolah yang pernah mendaftar SNMPTN Jalur Undangan 2012, nantinya harus mendaftarkan sekolahnya lagi untuk mendapatkan username dan password baru. Panduan ini berusaha menerangkan bagaimana pihak sekolah mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login di situs Snmptn undangan. Selamat berkarya untuk Bapak/Ibu di sekolah semoga siswa Anda banyak yang diterima di Universitas Negeri via Snmptn Jalur Undangan tahun 2013.


Panduan Lengkap Snmptn Jalur Undangan 2012 Untuk Sekolah


  • Akses untuk sekolah
  • Cara Mendaftarkan Sekolah Baru
  • Login Sekolah
  • Mengisi Daftar Jurusan
  • Mengisi Daftar Kelas
  • Mengisi Daftar Siswa untuk Kelas 12
  • Mengisi Daftar Siswa untuk Kelas 11
  • Mengisi Nilai KKM
  • Mengisi Nilai Siswa
  • Finalisasi Data Jurusan
  • Rekomendasi Siswa
  • Finalisasi Daftar Rekomendasi


Sumber : Panduan untuk SNMPTN Jalur Undangan 2012 (www.snmptn.ac.id)

Akses untuk sekolah

Untuk mendapatkan username dan password, Anda harus mendaftarkan sekolah Anda terlebih dulu. Sekolah yang pernah mendaftar SNMPTN Jalur Undangan 2011, harus mendaftarkan sekolahnya lagi untuk mendapatkan username dan password baru.

Cara Mendaftarkan Sekolah Baru

Bagi sekolah yang belum memiliki username dan password, Anda harus mendaftarkan sekolah Anda. Langkah-langkah pendaftaran adalah sebagai berikut:
  • Ketik alamat http://undangan.snmptn.ac.id di browser Anda
    https://undangan.snmptn.ac.id/docs/_images/url.png
  • Klik pada link Sekolah
    https://undangan.snmptn.ac.id/docs/_images/front-link.png
  • Jika Anda telah memiliki username dan password dari pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan 2012, Anda dapat menggunakan username dan password tersebut.
    _images/login.png
  • Jika Anda belum memiliki username dan password, klik pada link Formulir Pendaftaran Sekolah untuk mendaftarkan sekolah Anda.
    https://undangan.snmptn.ac.id/docs/_images/register-btn.png
    • Klik pada link nama provinsi tempat sekolah Anda
    • Setelah muncul daftar kabupaten/kota, klik pada link nama kabupaten/kota tempat Sekolah anda
    • Klik pada nama sekolah Anda
  • Lengkapi isian formulir pendaftaran sekolah yang muncul
    https://undangan.snmptn.ac.id/docs/_images/register-form.png
    • Untuk SMA dan MA yang telah memiliki akreditasi, Anda harus mengunggah scan akreditasi sekolah Anda
    • Untuk SMA dan MAK, tidak perlu mengunggah sertifikat akreditasi ketika mendaftar (scan sertifikat akreditasi akan diunggah ketika memasukkan daftar jurusan).

Login Sekolah

Setelah mendaftarkan sekolah Anda, Anda dapat login menggunakan username dan password Anda
_images/login.png

Mengisi Daftar Jurusan

Ketika Anda pertama kali login, akan tampil form untuk mengisi daftar jurusan di sekolah Anda. Isilah form tersebut dengan daftar semua jurusan yang ada di sekolah Anda. Daftar jurusan yang tampil dan dapat dipilih disesuikan dengan jenis sekolah Anda SMA/MA atau SMK/MAK.
_images/category-init.png Untuk tiap jurusan, Anda harus mengisi
  • Jenis jurusan
  • Akreditasi jurusan (khusus SMK/MAK)
  • Jumlah kelas 12 pada tahun ajaran saat ini
  • Jumlah kelas 11 pada tahun ajaran sebelumnya bukan tahun ajaran saat ini
Setelah menyimpan daftar jurusan, akan muncul tampilan seperti berikut
Jika ada jurusan yang belum Anda tambahkan, Anda dapat menambahkan jurusan tersebut dengan mengklik tombol Tambah Jurusan yang ada di bawah tabel Daftar Jurusan. Jika Anda salah memasukkan jurusan, Anda dapat menghapus atau mengubah data jurusan yang sudah dimasukkan dengan mengklik icon pensil (mengubah) atau icon silang (menghapus) di kolom menu.

Mengisi Daftar Kelas

Setelah memasukkan daftar jurusan, Anda harus mengisi daftar nama kelas yang ada di sekolah Anda untuk tiap jurusan. Klik pada nama jurusan untuk masuk ke halaman pengisian kelas.
Setelah itu akan muncul form untuk memasukkan daftar nama kelas. Jumlah kelas yang harus dimasukkan sesuai dengan jumlah kelas yang Anda isikan ketika memasukkan daftar jurusan.
_images/class-init.png Untuk tiap kelas Anda harus memasukkan:
  • Nama kelas
  • Jenis kelas
  • Jumlah siswa di kelas tersebut Jumlah siswa tidak termasuk siswa pindahan dari sekolah lain

Mengisi Daftar Siswa untuk Kelas 12

Setelah memasukkan daftar kelas, Anda harus mengisi daftar nama siswa untuk tiap kelas. Klik pada nama kelas atau klik pada link Daftar Siswa pada kolom Data Kelas untuk masuk ke halaman pengisian daftar nama siswa. Daftar siswa harus diisi untuk kelas 12 dan kelas 11 tahun ajaran sebelumnya.
Setelah itu akan muncul form untuk memasukkan daftar nama siswa. Isilah form tersebut dengan semua nama siswa yang ada di kelas tersebut (bukan hanya nama-nama siswa yang akan direkomendasikan).
Nama-nama siswa yang dimasukkan adalah nama-nama siswa yang bukan pindahan dari sekolah lain
_images/student-init.png Selain mengetikkan nama siswa langsung di laman SNMPTN, Anda juga dapat mengunggah file Excel yang berisi nama siswa. Anda harus mengunduh terlebih dulu template file Excel yang akan diisi dengan daftar nama siswa dari laman SNMPTN. Klik pada tab Unggah Excel di halaman tersebut:
_images/student-excel-tab.png Untuk template dengan mengklik link yang bertulisan Daftar Siswa Kelas [nama kelas].xls:
Isilah template excel tersebut dengan nama-nama siswa lalu unggah kembali file yang telah dilengkapi pada form unggah di halaman tersebut.

Mengisi Daftar Siswa untuk Kelas 11

Setelah daftar siswa untuk kelas 12 dimasukkan, Anda harus membagi daftar siswa tersebut ke dalam kelas 11 sesuai dengan kelas siswa tersebut di tahun ajaran sebelumnya. Daftar siswa dapat dimasukkan lewat laman SNMPTN atau dengan mengunggah file Excel sesuai template yang telah disediakan.
Berbeda dengan ketika memasukkan nilai untuk kelas 12, untuk kelas 11 Anda tidak mengetikkan nama siswa, tapi Anda memberi tanda “x” pada kolom kelas 11 untuk masing-masing siswa.

Mengisi Nilai KKM

Untuk tiap kelas, selain mengisi daftar nama siswa, Anda juga harus memasukkan nilai-nilai KKM. Nilai KKM dimasukkan untuk mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional.
Untuk kelas 11, Anda harus memasukkan nilai KKM untuk semester:
  • Semester 3
  • Semester 4
(tahun ajaran sebelumnya)
_images/kkm-11.png Untuk kelas 12, Anda harus memasukkan nilai KKM untuk semester:
  • Semester 5
(tahun ajaran saat ini)
_images/kkm-12.png KKM diisi dengan angka desimal dalam kisaran 1 - 100.

Mengisi Nilai Siswa

Setelah daftar nama siswa dan daftar KKM dimasukkan, Anda harus memasukkan daftar nilai untuk tiap siswa di kelas. Nilai yang dimasukkan adalah nilai untuk mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional.
  • Klik pada nama siswa untuk memasukkan nilai
    _images/student-list.png
  • Masukkan nilai pada isian yang tersedia
    • Nilai yang dimasukkan adalah nilai Pengetahuan dan Pemahaman Konsep (PPK), bukan nilai praktek atau nilai gabungan.
    • Nilai dimasukkan dengan skala 1 - 100.

Finalisasi Data Jurusan

Setelah semua data jurusan, kelas, nama-nama siswa, dan nilai dimasukkan, Kepala Sekolah harus memfinalisasi data-data tersebut. Dengan memfinalisasi data, Anda menyatakan bahwa data yang dimasukkan sudah benar dan lengkap serta tidak akan berubah lagi. Finalisasi diperlukan agar sistem SNMPTN dapat membuat perangkingan siswa untuk menentukan siswa yang dapat direkomendasikan pada SNMPTN Jalur Undangan.
Sebelum memfinalisasi data jurusan, pastikan data yang dimasukkan sudah benar karena data tidak dapat diubah lagi setelah finalisasi.
_images/stu-final-confirm.png

Rekomendasi Siswa

Setelah data jurusan difinalisasi, Kepala Sekolah dapat mulai membuat rekomendasi bagi siswa-siswa yang memenuhi persyaratan.
Klik pada link Rekomendasi Siswa di halaman Daftar Siswa untuk merekomendasikan siswa. Hanya siswa yang memenuhi syarat yang dapat direkomendasikan.
Setelah itu akan muncul formulir rekomendasi. Isilah formulir tersebut dengan data siswa yang akan direkomendasikan.
_images/recommendation-form-1.png https://undangan.snmptn.ac.id/docs/_images/recommendation-form-2.png

Finalisasi Daftar Rekomendasi

Setelah semua siswa yang ingin direkomendasikan telah dimasukkan ke dalam sistem SNMPTN, Kepala Sekolah harus memfinalisasi daftar rekomendasi yang telah dibuat. Klik pada tombol Finalisasi Rekomendasi yang terdapat di bagian bawah halaman daftar siswa jurusan.
Sebelum memfinalisasi daftar rekomendasi, pastikan data yang Anda masukkan sudah benar dan tidak ada lagi siswa yang akan direkomendasikan.
Setelah difinalisasi, maka Kepala Sekolah akan dapat mengunduh daftar nomor pendaftaran dan password siswa.
Klik pada tombol Unduh nomor pendaftaran dan password siswa. Kepala sekolah akan mendapatkan sebuah file PDF berisi nomor pendaftaran dan password yang dapat di-print dan dibagikan kepada siswa.
https://undangan.snmptn.ac.id/docs/_images/recommendation-pdf.png


Demikian Panduan Snmptn Jalur Undangan Untuk Sekolah, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar