"Sesuatu Bakal Lebih Lo Syukurin Kalo Lo Bekerja Keras untuk Hal Tersebut"



Saya tahun 2012 (tahun ini) lulus dari SMA X [tidak disebutkan nama, tetapi sekolah ini terakreditasi A], sebuah sekolah di kotamadya Jakarta Selatan. Saya lulus SMP dengan NEM 36,05... tapi kenapa saya gak ngambil SMAN? Pertanyaan itu banyak dilontarkan teman-teman saya. Alasan pertama saya cukup simpel. Rumah saya dekat sama sekolah (alasan paling klasik yang pernah ada). Yang kedua, saya susah move on (jangan dikira cuma pasangan hidup saja yang bisa di-move-on-kan) dari SMP saya :"). Dan yang ketiga, saya saat itu masih sangat sulit untuk beradaptasi ditempat yang baru. 

Tiga alasan itu adalah dasar saya mengambil SMA X sebagai "masa depan" saya diwaktu itu. Tahun pertama saya tidak berjalan dengan mulus dari segi sosial. Saya sempat mengalami beberapa konflik terutama fisik dan mental diantaranya karena senioritas, sehingga semester pertama dari kelas 10 tidak cukup optimal dalam bidang akademik karena pikiran dipenuhi oleh ketakutan akan ancaman dari para senior. Saya hanya meraih peringkat 2 dikelas saya, padahal daya saing kelas saya boleh dibilang tidak terlalu ketat saat itu. Tetapi seiring berjalannya waktu, saya mulai bisa menyesuaikan diri di semester 2 dan berusaha lebih baik. Saya memiliki seorang teman bernama H, ketika semester 1 dia berada di peringkat 4, tetapi di semester 2 dia belajar mati-matian, sedangkan saya... saya sejak semester 1 tidak pernah belajar serius, saya belajar serius hanya disekolah dan ketika dirumah kerjaan saya cuma main. Belajar kalo ada ulangan dan ada PR saja. Saya juga tidak ikut les ataupun mendatangkan guru privat kerumah. Tetapi mindset saya tetap konsisten. SAYA TIDAK BOLEH MENYONTEK. SAYA TIDAK BOLEH MENGERJAKAN PR DISEKOLAH. LEBIH BAIK DIHUKUM DARIPADA NGERJAIN PR DISEKOLAH. Alhamdulillah, saya mendapat peringkat 1 sedangkan si H mendapat peringkat 2 di semester kedua. Para senior yang veter naik kelas juga, tapi masuk IPS. Tetapi ada juga beberapa teman saya yang tidak naik kelas :(

Sebuah big blow bagi saya dan teman-teman saya, tanggal 24 Juni saya beserta teman-teman saya ditunjuk sebagai penerima tamu wisuda kelas XII. Hari itu adalah hari terakhir saya bertemu dengan guru kimia saya, karena ketika sorenya beliau dikabarkan terkena kecelakaan sehingga koma selama 2 hari dan akhirnya meninggal pada tanggal 26 Juni 2010. Semoga almarhum selalu diberi ketenangan di alam kubur, Amin. Belum lama berselang, guru agama saya meninggal beberapa hari sebelum tahun ajaran baru. Sebuah pukulan yang berat bagi saya, teman-teman saya, dan bagi sekolah.

Tahun ajaran 2010/2011, saya berada di kelas XI IPA 1 dan kelasnya cukup kondusif, walau kadang-kadang ada beberapa tingkah laku yang konyol. Ada 3+ murid pindahan dari sekolah lain karena berbagai hal ke kelas IPA 2, ada yang karena tidak mencukupi nilainya untuk masuk IPA, sehingga ia pindah ke sekolah saya, tapi ada juga yang karena tidak sanggup dengan lingkungan sekolah lamanya. Oh iya, dikelas XI ini saya berada satu kelas dengan si H. Dan pada tahun inilah saya mendapatkan sesuatu yang sangat berharga dalam hidup saya. Saya berteman sangat baik dengan guru kimia saya [dia pengganti almarhum] sehingga kadang muncul gosip dikalangan teman-teman saya -____-. Pada suatu ketika di ruang guru, saya bertemu salah satu teman saya yang pindahan dan dia langsung berkata, "Eh, emang lo pinter banget ya?" yaaa, saya cuma diam aja. Kalo ngomong salah, kalo diem... salah gak ya? Btw, dia itu cewe dan boleh dibilang gw jatuh hati sama dia ._. padahal dia udah punya pacar :| Sebut saja si A.

Akhir semester 1, si H berada diatas saya. Saya peringkat 2 dan dia peringkat pertama. Cukup menyesal sih, tapi saya bangga karena dikalahkan sama anak yang rajin sehingga saya bisa intropeksi diri lebih lanjut. Nah, si A mendapat peringkat pertama dikelas sebelah. Terus? Ya gak kenapa-kenapa... Awal semester 2, "tersemangati" oleh yang namanya cinta, saya pun bener-bener try hard biar kimia gak remed. Karena pas semester 1, ulangan harian saya GAK PERNAH GAK REMED. Artinya? remed terus. Bener-bener bangga pas retake UH 1 semester 2 dapet nilai 86. Bener-bener termotivasi buat ulangan kimia selanjutnya dan bener. Dapet 93 dan 100 di bab Buffer dan Hidrolisis :D

Meanwhile, guru fisika saya mengajak saya, si H dan si A untuk ikut Olimpiade Fisika. Yang pertama adalah di sekolah C, dimana sekolah C ini adalah pusat dari sekolah saya. Saya dan si A berhasil menembus tahap final sedangkan si H tidak, cukup disayangkan, saya juga heran kenapa dia bisa gitu gak lolos padahal pinter. Tapi sayang sekali, saya difinal cuma berhasil mendapat peringkat 5 dari 10 kontestan sedangkan si H mendapat peringkat 6 atau 7, lupa. Then our friendship began to grow quickly. Ujung-ujungnya? Gosip beredar lagi... sampe-sampe temen-temen disekolah lamanya pun tau -________-

Bulan berlalu, lalu kami ber3 dihadapkan lagi sama yang namanya OSK (OSN tingkat Kabupaten). Sadly, hanya saya yang berhasil lolos ke tingkat provinsi dari IPA. Dari IPS, ada seorang siswa yang tembus Ekonomi hingga OSP tahap kedua. Salute! BTT, saya mendapat banyak teman baru dari pelatihan OSP, ada teman saya yang satu bimbel pas kelas 3, ada juga yang sekarang udah masuk di Fisika UI. Bener-bener unforgettable moment banget, dari sebuah kompetisi akademis menjadi persahabatan. That's life. Sayang sekali saya gak bisa tembus sampe OSP tahap kedua, karena pas OSP tahap pertama, saya sangat ceroboh sehingga lupa kata-kata guru Fisika saya. Katanya, "Janagn pikirin ulangan harian, gampang lah itu. Pikirin dulu yang lebih besar." Sedangkan saya terus memikirkan bagaimana cara susulan tugas dan ulangan sebanyak itu...

Bulan-bulan penuh penderitaan dan cinta, hingga akhirnya datanglah akhir dari bulan Mei. Di minggu terakhir dari Mei ini, saya HARUS dan WAJIB melengkapi seluruh nilai. Saya harus ulangan Kimia tentang koloid dan kelarutan, ulangan fisika tentang fluida dinamis, termodinamika, dan teori kinetik gas, dan remedial ulangan turunan trigonometri. Untungnya semuanya bisa gitu diatas KKM. Gak ngerti juga kok bisa, padahal bener-bener desperate banget. In the end, bener-bener miracle saya berhasil mendapat peringkat 1, si H mendapat peringkat kedua. What a year full of miracle, one of the greatest year ever.

And... akhirnya. The final year. Saya sekelas dengan si A, sedangkan si H berada di kelas sebelah. Tapi kali ini saya dihadapkan pada kelas yang cenderung berisik. Beberapa teman saya minta dipindahin ke kelas sebelah yang katanya tenang dan cukup kondusif. Tetapi saya tidak mau pindah. Saya ingin mencoba berbaur dengan mereka. Days after days, months after months... saya mulai bisa berbaur dengan teman-teman sekelas, bisa ketawa-ketawa bareng, termasuk teman saya sebut saja si B, yang tadinya mau pindah ke kelas sebelah juga. Tapi saya katakan padanya, "Jangan! Lo disini aja, gw bisa kok ngelindungin lo, at least gw bisa jadi dinding diantara lo dan mereka." karena reputasi gw cukup baik diantara teman-teman sekelas saya.

Oh iya, saya juga mengikuti Bimbel Y! Kebanyakan teman saya mengikuti Bimbel X [biarpun juga ada yang ikut Bimbel Y] tapi saya tidak peduli. Saya cukup senang di Bimbel Y karena saya mengenal teman saya yang cukup... err... manis (?) sebut saja si N sehingga saya pun sedikit demi sedikit move-on ke dia -___-. Diakhir semester 1, saya mendapat peringkat 1 sedangkan si A di peringkat kedua. Terus... selama semester 1, nilai TO SNMPTN saya tidak terlalu baik, dari 24, 24, 29, 50, 29, 45 dan seterusnya. Itu sebelom intensif SNMPTN (tahun 2011). Fast forward ke tahun 2012, TO SNMPTN saya pun ya begitu-begitu aja. 30-48, gak pernah lebih. 2 bulan menjelang UN, saya tetap konsisten. Saya tidak mau pakai bocoran. Sayang duit 100.000 rupiah, karena saya lagi nabung buat beli game Diablo III [masih aj sempet mikirin game, orang mau UN sama SNMPTN]...

Beberapa minggu sebelum UN, saya masih sangat-sangat takut sama yang namanya Matematika. ENGGAK NGERTI SAMA SEKALI. Apalagi kalo ketemu sama soal lingkaran. Tapi intensif UN disekolah cukup berbuah, terimakasih juga kepada Bimbel Y yang sudah mengadakan beberapa kelas tambahan untuk UN sehingga persiapan saya semakin matang. Alhamdulillah total nilai UN saya 53,15 tanpa bocoran :) Setelah UN, saya mulai fokus untuk SNMPTN. Nilai SNMPTN saya pun begitu-gitu aja pas intensif. Gak pernah lebih dari 50. Saya ditempatkan di kelas ke4 dari atas, cukup kecewa, padahal saya pengen sekali-kali berada di peak, rasanya gimana ya...

Sama kayak UN, menjelang SNMPTN saya bener-bener desperate sama Matematika. Saya ikut terus yang namanya kelas tambahan Matematika, gak pernah nggak. Saya nanya terus kalo gak ngerti, walau ujung-ujungnya gak ngerti juga. Udah gitu dirumah tetep maen sampe malem lagi. 2 minggu menjelang SNMPTN mulai tobat sih, tiap malem ngerjain at least 5 soal, kalo belom ngerjain 5 soal matematika gak mau tidur. Perkembangan yang cukup baik hehe. Oh iya, yang heartbreaking banget, saya kan pengen masuk STEI ITB waktu itu, nah si N dapet undangan dan diterima di FTSL T_T akhirnya jalan kita pun terpisah di minggu kedua intensif </3 Saya sendiri gak keterima jalur undangan dan waktu itu bener-bener terpukul banget. Tapi ada temen saya yang udah diterima di FTTM ITB setahun sebelomnya, dia ngajak chat saya yang intinya, "Sesuatu bakal lebih lo syukurin kalo lo bekerja keras untuk hal tersebut." 

Since that day, gw bener-bener terbakar semangatnya untuk masuk ITB, dan menyusul si N :D

Perpisahan itu membuat saya termotivasi sehingga bisa aja ngerjain 5 soal sebelom tidur tiap malem. Days after days, selalu berdoa, selalu berjuang. Selalu belajar Matematika karena itu bener-bener titik lemah saya dan saya ga mau buang-buang +4 atau makanin -1. Terus mencoba melakukan kebaikan, karena saya percaya kebaikan itu akan balik lagi ke kita entah kapan waktunya. Bahkan pada saat hari-H pun, saya liat samping saya ada yang buang sampah rautan, saya robek kertas buku saya, saya bersihin lantai tempat dia buang lalu saya buang kertas tsb. ditempat sampah sebelah saya. Sempet juga sih minjemin rautan, walau terkesan sepele, tapi pensil yang tajem kan bener-bener vital dalam ngerjain soal, ya nggak? InsyaAllah semua pasti ada balasannya.

SNMPTN berlalu, tinggal nunggu pengumuman. Akhirnya sampailah pada tanggal 6 Juli 2012, dimana katanya pengumumanny dipercepet 1 hari. Dan pada saat akan membuka, saya menunggu dari jam 6, gak mau makan dan gak bisa makan karena mules dan pusing. Akhirnya semua terbayar pas jam setengah 8, saya melihat dengan mata kepala sendiri bahwa saya diterima di STEI ITB. Alhamdulillah, wasyukurillah.

Sedikit hiburan terjadi pas wisuda, sebelom SNMPTN di tanggal 31 Mei. Saya mendapat penghargaan Imam Terbaik, Juara 1 IPA I, dan Juara Umum IPA. Bener-bener gak nyangka karena beda poin pas juara umum saya sama si H itu... bener-bener tipis. Gak nyampe 1 koma, mungkin 0 koma sekian-sekian. Apalagi orang tua disuruh maju kedepan juga pas penerimaan penghargaan... I was really happy that day.

Bener-bener seneng bisa banggain orang tua, bener-bener seneng bisa mencapai impian, dan bener-bener seneng karena bisa satu kuliah sama si N :). Oh btw, temen saya si H dan si A juga diterima di ITB. Bener-bener tridente banget ya kita... err ok itu gak penting. Oke cukup sekian cerita saya buat Admin @Info_SNMPTN, semoga cerita ini cukup bermanfaat dan bisa menginspirasi :D

dari: Try Aji Tiono (ballinst@gmail.com)





Jika Adik" ingin mengirimkan cerita serta kisah SNMPTN yang ingin ditampilkan di blog ini. Adik" dapat mengirimkan cerita adik adik ke mutafawwiqin@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar