Video Profil Universitas Ageng Tirtayasa ( UNTIRTA )

Video Profil Universitas Ageng Tirtayasa ( UNTIRTA ) :: KLIK BACA SELENGKAPNYA UNTUK MELIHAT VIDEO >>


 Profil Universitas Ageng Tirtayasa ( UNTIRTA )
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan kampus negri yang berada di Banten, yang terbagi dari kampus Cileggon dan Kampus Serang.





Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dimulai dari berdirinya Yayasan Pendidikan Tirtayasa (yapenta) pada tanggal 1 oktober 1980. Kemudian dilakukan penyempurnaan dan dikukuhkan kembali dengan akte Notaris Ny. R.Ariensoetardjo, nomor 1, Tanggal 3 Maret 1986. Kata Tirtayasa (Bahasa Sansekerta yang berarti Air Mengalir) diambil dari nama Pahlawan Nasional yang berasal dari Banten, yaitu Sultan Ageng Tirtayasa (Kepres RI Nomor: 045/TK/1070). Nama Asli Sultan Ageng Tirtayasa adalah Abul Fatih Abdul Fatah, pewaris keempat tahta kesultanan banten. beliau dianugerahi tanda jasa pahlawan nasional karena dengan gigih menentang penjajahan belanda dan berhasil membawa kejayaan dan keemasan kesultanan banten. Yayasan pendidikan tirtayasa (yapenta) banten mendirikan sekolah tinggi ilmu hukum (STIH) pada tahun 1981 dan sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan (STKIP) pada tahun 1982. selanjutnya yayasan krakatau steel cilegon mendirikan sekolah tinggi teknik (STT) pada thun 1982 yang selanjutnya STT bergabung dengan yapenta untuk persiapan berdirinya universitas tirtayasa banten. Universitas tirtayasa banten merupakan merupakan penggabungan dari STIH, STT dan STKIP berdasarkan sk mendikbud ri nomor; 0596/0/1984, tanggal 28 november 1984, maka berubahlah status masing-masing sekolah tinggi menjadi fakultas hukum, fakultas teknik, dan fakultas ilmu keguruan dan ilmu pendidikan.



dari tahun ke tahun universitas sultan ageng tirtayasa berkembang pesat dengan berdirinya fakultas pertanian berdasarkan sk mendikbud ri nomor; 0123/0/189, tanggal 8 maret 1989, dan fakultas ekonomi dengan sk mendikbud nomor; 0331/0/1989, tanggal 30 mei 1989. Perubahan sosial politik yang terjadi di indonesia telah ikut mempengaruhi perubahan yang terjadi pada universitas sultan ageng tirtayasa. demikian pula terbentuknya provinsi banten berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2000, telah mendorong pengurus yapenta dan tokoh-tokoh banten mengusulkan penegerian universitas sultan ageng tirtayasa kepada pemerintah pusat c.q.depdiknas. selanjutnya pada tanggal 13 oktober 1999 keluarlah keppres ri nomor; 130/1999 tentang persiapan perguruan tinggi negeri universitas sultan ageng tirtayasa. selanjutnya pada tahun 2001 berdasarkan keputusan presiden ri nomor; 32 tanggal 19 maret 2001 universitas sultan ageng tirtayasa secara resmi ditetapkan menjadi perguruan tinggu negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar