MOTIVASI SUKSES :: Motivasi Sukses: Bagaimana Memotivasi menuju Sukses?

Mengembangkan dan memacu semangat untuk maju adalah hal terpenting untuk dapat meraih kesuksesan dalam hidup. Motivasi sukses kerap menjadi kunci menuju keberhasilan dan tidak ada yang meragukan hal itu sedikit pun. Sejarah berbicara, baik pengusaha, negarawan, akademisi, dan bintang-bintang dunia mengakui bahwa dorongan inilah yang membuat orang mau menapaki setiap jalan setapak menuju kesuksesan.

Memacu Motivasi Sukses

Tidak setiap saat motivasi itu melesat dan menyelubungi diri. Tidak jarang walaupun tujuan telah terpaku dalam, motivasi menjadi kendur karena satu dan lain hal. Pada saat itu, tidak hanya kata-kata yang memacu yang mampu membuat bergerak. Tetapi, ada hal lain yang harus juga dilakukan. Misalnya, berolahraga ringan. Yoga bisa menjadi pilihan untuk mengaktivasi otak agar mencerna dan memompa motivasi pada tubuh dan jiwa agar bergerak lagi dan fokus kembali meraih tujuan yang telah dicanangkan.
Pacuan motivasi sukses yang didapatkan dari tubuh yang berkeringat ternyata memang cukup efektif. Saat keringat keluar itu tubuh juga memproduksi morfin alami yang membuat jiwa menjadi semangat dan bahagia. Keringat yang sebenarnya racun tubuh itu juga mengurangi beban proses pembersihan. Oleh karena itulah, setelah berolahraga, semangat meraih sukses itu terbentuk lagi.
Kalaulah berolahraga merupakan salah satu hal yang sangat sulit dilakukan, ada satu cara yang cukup mudah untuk memacu motivasi sukses. Cara itu adalah dengan tersenyum. Tersenyum saja apa adanya tanpa harus melihat sesuatu ynag lucu. Senyum yang dipaksakan juga cukup memberikan efek penyegaran pada otak. Cobalah tersenyum bagai bayi yang tersenyum dalam tidurnya. Rasakanlah efek dari senyum yang dibuat-buat itu. Pasti ada lompatan simpul otak yang akan membuat motivasi sukses kembali mendatangi jiwa.

Godaan Dalam Motivasi Sukses

Terkadang, timbul alasan untuk menjawab motivasi yang datang ketika  akan memulai sesuatu. Misalnya, seseorang yang senang sekali untuk memulai sebuah program pelangsingan badan dengan program diet. Tapi tak lama kemudian, ia mulai membuat alasan tidak mengikuti program itu lagi dengan mengatakan bahwa dia tidak dapat menahan lapar ataupun keinginan untuk mencicipi makanan lezat di hadapannya. Dalam sebulan, program pelangsingan itu hanyalah wacana yang telah lalu.
Tubuh memang perlu dipaksa untuk terus bertahan dengan motivasi sukses yang telah diungkapkan dan ikrarkan. Tanpa paksaan, tubuh akan lupa dna jiwa pun akan mengikuti kehendak tubuh. Kalau tubuh dan jiwa telah bersatu mengkhianati janji motivasi sukses yang telah dicanangkan, maka motivasi sukses hanya tinggal kenangan dan hanya sebatas ungkapan tanpa makna.
Pertanyaannya sekarang, bagaimana agar dapat terus termotivasi dalam waktu yang lama dengan segala hambatan yang terbentang di sepanjang jalan menuju sukses tersebut? Sebagian menganggap hal ini sulit untuk dilakukan. Namun agar terus termotivasi, ada beberapa cara untuk meraih itu, misalnya seperti berikut.

Gerakan Bertahan dan Berlari dengan Motivasi Sukses

Setiap orang memiliki cara tersendiri agar tidak jatuh ke dalam kegagalan. Ada yang berjanji pada diri sendiri dan akan menghukum dirinya sendiri ketika tidak memenuhi janji yang telah diungkapkannya pada dirinya sendiri tersebut. Orang seperti ini biasanya mempunyai motivasi sukses yang sangat dalam. Keadaan tersebut bisa tercipta oleh keadaan dan keinginan merubah keadaan. Bisa juga karena ingin membuktikan sesuatu atau karena adanya dendam kesumat.
Apa pun alasannya, semangat yang menggebu itu perlu dihargai dan dihormati. Ada juga yang menanamkan janji pada diri sendiri karena tak ingin terjatuh kedua kalinya ke dalam lubang kehidupan yang hina. Motivasi sukses seperti ini jauh mendalam karena telah mendasarkan hati kepada keinginan untuk menjadi orang baik dan bisa berbuat lebih baik baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain dna lingkungannya.
Keinginan untuk meraih sesuatu dengan lebih cepat telah juga membuat orang bertahan dan terus berjuang meraih apa yang telah dicita-citakannya. Berikut ini adalah langkah yang bisa diikuti agar motivasi sukses itu terus dipertahankan dan bahkan dipacu dengan mesin turbo berkekuatan penuh.
1. Tentukan Tujuan Hidup
Tentukan tujuan dalam hidup dan lakukan apa yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan tersebut. Ingatlah, setiap langkah berani yang ditempuh akan semakin mendekatkan pada tujuan yang hendak dicapai. Setiap orang bisa membuat sebuah rencana dan prioritas dalam pikirannya. Satu hal yang pasti adalah bahwa rencana itu benar-benar dipahami dengan jelas prioritas yang ada saat membuat rencana tersebut. Kejelasan tujuan itu akan membuat tubuh dan jiwa bekerja sama meraihnya dan tidak mudah goyah melupakan motivasi sukses yang telah diungkapkan.
2. Senangi Setiap Usaha yang Dilakukan
Senangi setiap usaha yang dilakukan dan jadikan hal tersebut menarik bagi diri sendiri. Adakalanya, rasa jenuh menghampiri. Hal ini terjadi karena hanya melakukan rutinitas yang sama seperti kemarin. Demikian terus berulang-ulang.
Daripada seperti itu, lebih baik memecahkan proses monoton itu dan mengenalkan diri pada elemen yang menyenangkan saat bekerja. Hal ini akan membuat diri tetap fokus dalam bekerja. Membuat variasi dalam menghadapi berbagai hal yang ditemui setiap hari bahkan akan berefek kepada menjadi pribadi yang tidak stagnan dan hanya menjadi orang yang membosankan. Tiada yang mampu memberikan kesenangan bila tak bisa membiarkan diri merasa senang dengan kesenangan itu sendiri.
Bacaan dan tontonan bisa menjadi sumber inspirasi yang sangat jitu. Bahkan status teman-teman yang ada di Facebook pun bisa dijadikan batu loncatan untuk membuat hidup lebih berwarna walaupun tentunya tetap fokus pada rencana dan jalan kesuksesan yang telah dipegang teguh.
3. Tumbuhkan Sikap Positif
Tumbuhkan sikap positif dalam diri untuk terus mempelajari dan mendapatkan kualifikasi diri yang terbaik. Ada masanya di mana setiap orang akan menemui kegagalan dalam mencapai kesuksesan dan merasa terpuruk karenanya. Ingatlah bahwa kegagalan itu adalah bagian dari kemenangan. Sadarilah bahwa kemenangan yang diawali oleh kegagalan akan terasa lebih nikmat dan manis daripada terlalu mulus dan tanpa perjuangan yang berarti.
Perlu diingat, bahwa bunga tidak mekar dalam waktu semalam, demikian juga dengan kesuksesan. Kita hanya perlu bersabar dan terus berpikir positif dengan memacu motivasi kita agar dapat berbuat lebih baik. Suatu saat, kita pun akan menemui kesuksesan itu, jika kita bersabar dan terus berusaha.
4. Konsisten
Tetap konsisten dan jangan mudah menyerah. Bila muncul tantangan di depan, lakukan apa yang kita bisa untuk mengatasi tantangan itu. Mulailah dari hal terkecil dulu. Bila masih kesulitan, cobalah untuk mencari dorongan atau saran dari mereka yang sudah lebih berpengalaman.
5. Kalahkan Hal yang Akan Memperlambat Usaha
Kalahkan hal yang akan memperlambat usaha kita seperti masalah pribadi, penangguhan, dan kurang percaya diri. Daripada membidik terlalu tinggi, tetapkan harapan yang realistis dan mencari pengembangan diri dari hal kecil dulu. Dengan begitu, upaya meraih sukses akan semakin dekat.
6. Penghargaan pada Diri Sendiri
Saat kita berhasil mencapai sesuatu, berilah penghargaan pada diri sendiri. Hal ini akan membuat kita bahagia dengan kesuksesan kecil kita dan terus memberikan motivasi demi hasil kerja yang baik.
Misalnya dengan cara berbelanja, merawat diri seharian di salon, bermain golf, atau sekadar menikmati hidangan yang jarang kita dapatkan di rumah. Sesekali melakukan hal itu tidak akan menjadi masalah.
7. Periksa Perkembangan Usaha
Periksa perkembangan usaha kita setiap saat dengan memecahkan berbagai kegiatan yang menunjang dalam rencana yang lebih kecil. Usahakan untuk meraih kesuksesan kecil secara berkesinambungan. Hal seperti ini akan membantu kita untuk mengoreksi diri bila suatu waktu ada sesuatu yang tertinggal di belakang.
Ketujuh hal tersebut hanyalah sebagai kecil langkah-langkah yang bisa diambil dalam memacu motivasi sukses. Temukan langkah lain dan lakukanlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar