Soal dan Pembahasan SNMPTN 2012 : Tes Potensi Akademik Bahasa Indonesia

Soal dan Pembahasan SNMPTN 2012 : Tes Potensi Akademik Bahasa Indonesia .16. Bacalah teks berikut!

Berita yang dilansir Antara bulan lalu dengan tajuk “Bahasa Indonesia Berpeluang Jadi Bahasa KeduaASEAN”, memberikan satu harapan besar bagi Indonesia untuk berbicara di kancah internasional. Sekarang ada kesadaran di kalangan warga Philipina–teristimewa di kawasan selatan negara ini–bahwa mereka perlu belajar bahasa Indonesia karena bahasa itu dapat dimengerti di empat negara anggota ASEAN lainnya: Brunei, Malaysia, Singapura, dan Thailand (Selatan). Selain keempat negara ASEAN itu, sebagian warga suku Champ di Kamboja, Laos, dan Vietnam mengerti bahasa Melayu yang menjadi induk bahasa Indonesia. ….
Manakah kalimat yang tepat untuk menutup paragraf di atas?

A. Untuk itu, kita perlu menggalakkan penyebaran kamus bahasa Indonesia agar memudahkan orang asing.
B. Dengan demikian, jelaslah bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa yang diidamkan di kawasan ASEAN.
C. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
D. Untuk itu, perlu diupayakan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa utama ASEAN.
E. Sehubungan dengan hal itu, menjunjung tinggi bahasa Indonesia menjadi kewajiban seluruh bangsa Indonesia.
Jawaban : E
Bahasan : Teks tersebut menguraikan peluang bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di ASEAN. Penjelasannya menguraikan banyaknya area (negara, suku) yang menggunakan bahasa tertarik serta merasa perlu belajar bahasa Indonesia.
Melayu – induk bahasa Indonesia – dan … .
Penutup yang tepat adalah (E) Sehubungan dengan itu, menjunjung tinggi bahasa Indonesia menjadi kewajiban seluruh bangsa Indonesia.
17. Seseorang akan mengembangkan karangan yang bertema upaya meningkatkan kemampuan berwirausaha bagi remaja dengan kerangka karangan berikut:
1) saran bagi remaja untuk berwirausaha
2) pentingnya meningkatkan kemampuan berwirausaha
3) langkah meningkatkan kemampuan berwirausaha
4) komponen yang mendukung kemampuan berwirausaha
5) ketidakmampuan remaja berwirausaha
Urutan kerangka yang paling tepat untuk tema karangan di atas adalah … .
A. 5, 1, 2, 4, 3
B. 2, 4, 5, 1, 3
C. 2, 3, 4, 5, 1
D. 4, 5, 2, 1, 3
E. 5, 2, 4, 3, 1
Jawaban : C
Bahasan : Urutan kerangka yang paling tepat adalah 2 – 3 – 4 – 5 – 1.
18. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Obat telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia masa kini. Bahkan, karena begitu akrabnya, orang justru semakin tergantung pada obat, semakin terbiasa menggunakan obat. Penggunaaan obat-obatan kini justru terlihat sebagai gaya hidup modern. Mereka butuh tampil seksi, bukan-sehat, butuh obat kuat, bukan-hidup harmonis, dan lain-lain. Faktanya zat-zat yang terkandung dalam obat dan efeknya bagi tubuh kita sering tidak kita perhatikan karena menganggap obat itu menyembuhkan tanpa memperhatikan apa yang sebenarnya terkandung dalam obat tersebut. Dalam pemilihan obat harus diperhatikan adanya kandungan bahan-bahan kimia yang justru menimbulkan dampak buruk terhadap tubuh kita.
Teks 2
Pada umumnya, orang memandang obat sebagai sesuatu yang ajaib yang dapat menyembuhkan segala penyakit dengan cepat tanpa efek samping. Semua obat  adalah racun, kecuali diminum sesuai dengan dosis yang diizinkan. Hal itu menyadarkan kita bahwa dalam mengonsumsi obat, kita harus memperhatikan dosis yang tepat untuk kesembuhan yang diharapkan. Masyarakat menaruh harapan besar akan obat, namun hal tersebut tidak sebanding dengan pengetahuan masyarakat akan obat. Informasi tentang pentingnya obat, penggunaan, dan bahayanya sangat penting bagi masyarakat.
Kedua teks di atas menjelaskan tentang …
A. kebutuhan manusia akan obat.
B. cara mengonsumsi obat.
C. anggapan masyarakat akan obat.
D. pengetahuan masyarakat akan obat.
E. harapan manusia akan obat.
Jawaban : C
Bahasan : Kedua teks tersebut menjelaskan tentang anggapan masyarakat terhadap obat. (Lihat detail isi tiap paragraf).
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 19 sampai dengan nomor 22!
Indonesia dan seluruh negara di dunia dewasa ini merasakan bumi makin panas. Orang menyebutnya pemanasan global (global warming), dan seluruh warga dunia pun menjadi gelisah. Pencemaran terjadi di mana-mana, mulai dari air, laut, tanah, dan udara. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menaksirkan bahwasannya penduduk kota-kota di dunia pernah menghirup udara kotor setidak-tidaknya sekitar 70 persen, maka sisanya menghirup udara yang marginal. Pencemaran lingkungan telah menyebabkan jutaan orang sakit dan bahkan meninggal. Selain kematian, pencemaran lingkungan juga menyebabkan TBC, pneumonia, bronkitis, asma, dan penyakit pernapasan lainnya. Kini, banyak kota besar di dunia juga tidak luput dari persoalan ini.
Untuk mengatasi kondisi itu, dunia melakukan sejumlah langkah antisipatif yang salah satu di antaranya adalah dengan mengganti bahan bakar minyak (BBM) dari bahan fosil ke energi alternatif dan ramah lingkungan. Asap kendaraan bermotor yang menggunakan BBM dari fosil menjadi penyumbang polusi terbesar di dunia. Padahal, setiap tahun pertambahan kendaraan bermotor di Indonesia mencapai lebih kurang 5 juta unit. Seiring dengan laju pertambahan kendaraan bermotor tersebut, konsumsi BBM juga makin meningkat dan pencemaran udara terus bertambah. Transportasi merupakan sektor yang paling banyak mengonsumsi BBM yang disusul oleh sektor rumah tangga, industri, dan pembangkit listrik.
Konsumsi BBM di Indonesia mencapai 1,3 juta barel, dan itu tidak seimbang dengan produksinya yang kurang dari 1 juta barel per hari sehingga terdapat defisit yang harus dipenuhi melalui impor. Suatu saat Indonesia akan mengimpor BBM sepenuhnya bila tidak dilakukan diversifikasi penggunaan energi non-BBM secara serius. Cadangan minyak Indonesia hanya tersisa sekitar sembilan miliar barel. Apabila terus dikonsumsi tanpa ditemukannya cadangan minyak baru, diperkirakan cadangan minyak akan habis dalam dua dekade mendatang.
19. Kelemahan paragraf ke-3 teks di atas adalah …
A. gagasan utamanya terletak di tengah paragraf.
B. kalimat penjelas tidak mendukung kalimat utama.
C. paragraf mengandung kalimat sumbang.
D. informasi antarkalimat bertentangan.
E. gagasan utamanya lebih dari satu.
Jawaban : E
Bahasan : Paragraf ke-3 berisi dua paragraf utama, yaitu (1) Ketidak-seimbangan antara konsumsi dan produksi BBM, dan (2) Cadangan minyak Indonesia
20. Manakah suntingan yang tepat untuk kalimat ke-4 paragraf ke-1 di atas?
A. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menaksir sekitar 70 persen dari penduduk kota di dunia pernah menghirup udara kotor, sedangkan sisanya menghirup udara yang marginal.
B. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menaksirkan sekitar 70 persen penduduk kota di dunia pernah menghirup udara kotor, sedang sisanya menghirup udara yang marginal.
C. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menaksirkan bahwasanya penduduk kota-kota di dunia pernah menghirup udara kotor setidak-tidaknya sekitar 70 persen, maka sisanya menghirup udara yang marginal.
D. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menaksir bahwa sekitar 70 persen penduduk kota dunia pernah menghirup udara kotor, sedangkan sisanya menghirup udara yang marginal.
E. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menaksir sekitar 70 persen dari penduduk kota-kota di dunia pernah menghirup udara kotor, sedang sisanya menghirup udara yang marginal.
Jawaban : D
Bahasan : Suntingan yang benar terdapat pada jawaban (D).

Soal dan Pembahasan SNMPTN 2012 : Tes Potensi Akademik Bahasa Indonesia

21. Apakah gagasan utama paragraf ke-2 teks di atas?
A. Satu-satunya antisipasi mengatasi pencemaran adalah mengganti BBM dari bahan fosil ke energi alternatif dan ramah lingkungan.
B. Untuk mengatasi pencemaran, dilakukan penggantian BBM dari bahan fosil ke energi alternatif dan ramah lingkungan.
C. Kendaraan bermotor yang menggunakan BBM menjadi penyumbang utama polusi udara terbesar di dunia.
D. Yang paling banyak mengonsumsi BBM adalah sektor transportasi, disusul sektor rumah tangga, industri, dan pembangkit listrik.
E. Laju pertambahan kendaraan bermotor meningkatkan konsumsi BBM dan meningkatkan pencemaran udara.
Jawaban : C
Bahasan : Gagasan utama paragraf ke-2 adalah Kendaraan bermotor yang menggunakan BBM menjadi penyumbang utama polusi udara terbesar di dunia.
22. Apakah simpulan teks di atas?
A. Indonesia akan menjadi negara pengimpor BBM bila tidak melakukan diversifikasi penggunaan energi non BBM.
B. Kecepatan laju kendaraan bermotor merupakan penyebab makin langkanya BBM dan meningkatnya polusi.
C. Polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor menyebabkan banyak orang sakit dan meninggal.
D. BBM dari bahan fosil semakin menipis sehingga harus ditemukan energi alternatif yang ramah lingkungan.
E. Besaran konsumsi BBM di Indonesia tidak sebanding dengan besaran produksi BBM.
Jawaban : C
Bahasan :
Simpulan adalah pernyataan akhir yang merangkum isi uraian paragraf. Simpulan teks tersebut adalah Polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor menyebabkan banyak orang sakit dan meninggal.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 23 sampai dengan 27!
(1) Diperkirakan luas terumbu karang yang ada di perairan Indonesia lebih dari 60.000 km2, yang tersebar luas dari bagian barat sampai timur Indonesia. (2) Sekitar dua pertiga garis pantai Indonesia yang sangat panjang itu dilindungi oleh terumbu karang. (3) Ada empat macam tipe terumbu karang yang umum dijumpai di Indonesia yakni: terumbu karang tepi (fringing reefs), terumbu karang penghalang (barrier reefs), terumbu karang cincin atau atol (atoll reffs) dan terumbu karang takat (patch reefs). (4) Di antara keempatnya, terumbu karang tepi merupakan tipe yang paling umum dan boleh dikatakan sebagai karang penghalang.
(5) Akhir-akhir ini ekosistem terumbu karang Indonesia mengalami tekanan yang sangat tinggi akibat kegiatan pemanfaatan sumber daya yang tidak bersahabat dengan lingkungan lingkungan. (6) Semua itu mencerminkan rendahnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang arti penting keberadaan terumbu karang. (7) Akibatnya, terumbu karang di Indonesia mengalami degradasi yang sangat mencemaskan. (8) Ini tercermin dalam data yang dikumpulkan oleh Puslitbang Oceanologi LIPI dari berbagai lokasi di kawasan barat dan timur Indonesia, ternyata hanya tinggal 6 persen terumbu karang yang masih dalam keadaan sangat baik, 75 persen lainnya berada dalam keadaan sangat baik, 75 persen lainnya berada dalam kondisi sedang atau sangat buruk, sisanya dalam kondisi sedang atau sangat buruk, sisanya dalam kondisi baik.
(9) Saat ini diperkirakan 10 persen terumbu karang dunia dalam kondisi sangat rusak bahkan mungkin tidak dapat pulih kembali. (10) dalam kurun waktu 20 tahun mendatang bila tidak ada  upaya pelestarian secara intensif, maka 30 persen dari terumbu karang diperkirakan akan mengalami nasib yang sama.
(11) Lingkungan kehidupan atau ekosistem terumbu karang memerlukan beberapa persyaratan yang penting agar kehidupan organisme karang ini dapat berlangsung. (12) “Persyaratan yang dimaksud antara lain kedalaman laut dangkal dan tingkat kejernihan air harus baik, ” kata Kapuslitbang. (13) “Untuk itu, pemerintah harus mengupayakan perwujudan tersebut, ”imbuhnya.
23. Hubungan isi antarparagraf dalam teks di atas yang paling tepat adalah …
A. paragraf ke-2 merupakan rincian paragraf ke-1.
B. paragraf ke-4 merupakan simpulan paragraf ke-3.
C. paragraf ke-3 berupa informasi tambahan paragraf ke-2.
D. paragraf ke-2 merupakan contoh paragraf ke-1.
E. paragraf ke-2 memaparkan akibat paragraf ke-1.
Jawaban : C
Bahasan : Sudah termaktub dengan jelas bahwa paragraf ke-3 berupa informasi tambahan paragraf ke-2.
24. Penulis teks di atas berpihak kepada … .
A. kapuslitbang
B. masyarakat
C. ekosistem
D. organisme
E. pemerintah
Jawaban : C
Bahasan : Keberpihakan penulis merupakan arah kepedulian terhadap suatu permasalahan. Teks tersebut menguraikan keberpihakan penulis kepada ekosistem yang semakin rusak.
25. Kesalahan penggunaan ejaan ditemukan pada kalimat … .
A. 1 dan 5
B. 3 dan 9
C. 4 dan 7
D. 6 dan 10
E. 8 dan 11
Jawaban : B
Bahasan : Kesalahan penggunaan ejaan terdapat pada kalimat ke-3 dan ke- 9.
  • Pada kalimat ke-3, tanda baca titik dua (:) setelah kata yakni tidak perlu.
  • Pada kalimat ke-9, setelah kata saat ini diberi tanda koma (,).
26. Kalimat yang tidak efektif ditemukan pada … .
A. 1 dan 4
B. 2 dan 7
C. 3 dan 12
D. 6 dan 11
E. 8 dan 10
Jawaban : E
Bahasan : Kalimat yang tidak efektif terdapat pada kalimat ke-8 dan ke-10.
  • Pada kalimat ke-8 kata dalam (Ini tercermin dalam …) seharusnya menggunakan kata pada.
  • Pada kalimat ke-10, kata maka dihilangkan.
27. Manakah rangkuman yang paling tepat untuk teks di atas?
A. Ada empat macam tipe terumbu karang yang hidup di perairan Indonesia, yakni terumbu karang tepi, terumbu karang penghalang, terumbu karang cincin, dan terumbu karang takat yang saat ini telah mengalami kerusakan akibat pemanfaatan yang tidak bersahabat.
B. Ekosistem terumbu karang yang sangat luas di Indonesia telah mengalami kerusakan akibat pemanfaatan yang tidak bersahabat dengan lingkungan sehingga untuk mengatasinya diperlukan kedalaman laut dangkal dan tingkat kejernihan air yang baik.
C. Terumbu karang Indonesia hanya tinggal 6 persen yang masih dalam keadaan sangat baik, 75 persen lainnya dalam kondisi sedang atau sangat buruk, sisanya dalam kondisi baik sehingga untuk mengatasinya diperlukan kedalaman laut dangkal dan tingkat kejernihan air yang baik.
D. Dalam kurun waktu 20 tahun mendatang, bila tidak ada upaya pelestarian secara intensif akibat pemanfaatan yang tidak bersahabat dengan lingkungan, 30 persen dari terumbu karang dunia akan mengalami kerusakan yang sangat parah.
E. Ekosistem terumbu karang Indonesia, yang terdidi atas terumbu karang tepi, terumbu karang penghalang, terumbu karang cincin, dan terumbu karang takat mengalami kerusakan akibat kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat.
Jawaban : E
Bahasan : Rangkuman yang paling tepat seperti pada jawaban E, sesuai dengan keseluruhan isi teks dan lengkap informasinya.
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 28 sampai dengan nomor 30 !
Ketersediaan dan keterjangkauan harga pelawija merupakan salah satu indikator dalam mengukur kesejahteraan masyarakat. Meskipun bukan merupakan kebutuhan pokok, kurangnya persediaan dan/atau kenaikan harga palawija dapat meresahkan masyarakat, terutama masyarakat kelas menengah ke bawah. Gejolak harga yang tidak menentu atau harga yang melambung tinggi dapat mengakibatkan gejolak yang besar pula di dalam masyarakat. Kenaikan harga yang melambung menyebabkan masyarakat kelas menengah ke bawah tidak dapat menjangkau kebutuhan mereka.
Sehubungan dengan hal itu, pemerintah selalu menjaga stabilitas harga komoditas ini. Departemen Perdagangan memantau perkembangan harga komoditas pokok tersebut setiap hari di 33 kota besar Indonesia. Pemantauan harga bertujuan memprediksi kondisi yang mungkin terjadi di masa yang akan datang sehingga pemerintah dapat menyusun strategi yang tepat untuk mengatasi masalah yang mungkin akan terjadi. Dengan cara itu, pemerintah dapat mengantisipasi hal-hal yang perlu diatasi. Pada tabel di bawah ini dapat dilihat perkembangan harga komoditas tersebut untuk tingkat nasional.
Tabel Perbandingan Harga Komoditas Palawija
Komoditas April Mei November Desember
Kedelai 15.745,00 15.731,00 15.715,00 15.690,00
Jagung 9.055,00 9.021,00 9.025,00 9.020,00
Kacang Tanah 14.295,00 14.306,00 14.436,00 14.359,00
Kacang Hijau 17.932,00 17.932,00 17.930,00 17.937,00
28. Pernyataan manakah yang paling sesuai dengan isi tabel di atas ?
A. Kecuali harga kedelai, harga komoditas lain cenderung naik.
B. Harga kacang tanah dan kacang hijau cenderung fluktuatif.
C. Harga kacang tanah dan kacang hijau cenderung naik.
D. Semua komoditas plawija tidak mengalami penurunan harga.
E. Kenaikan harga semua komoditas palawija tidak stabil.
Jawaban : B
Bahasan : Pernyataan yang paling sesuai dengan isi tabel terdapat pada jawaban B. Isi tabel tersebut menggambarkan harga kacang tanah dan kacang hijau cenderung fluktuatif.
29. Kata itu pada kalimat ke-1 paragraf ke-2 di atas mengacu pada … .
A. keresahan masyarakat.
B. keterjangkauan harga komoditas.
C. gejolak harga palawija.
D. ketersediaan palawija.
E. kesejahteraan masyarakat.
Jawaban : C
Bahasan :  Kata itu pada kalimat ke-1 paragraf ke-2 mengacu pada gejolak harga palawija. Hal ini tertuang pada kalimat ke-1 paragraf ke-2.
30. Paragraf manakah yang paling tepat melengkapi teks di atas ?
A. Tabel di atas menunjukkan bahwa harga komoditas palawija cenderung tidak stabil. Hal itu ditunjukkan dengan harga pada setiap jenis komoditas yang angka kenaikannya tidak tetap, misalnya harga kacang hijau yang mengalami kenaikan pada Mei, tetapi turun pada November, dan naik lagi pada Desember.
B. Tabel di atas menunjukkan bahwa harga komoditas palawija cenderung stabil. Hal itu ditunjukkan dengan harga pada setiap jenis komoditas yang angka kenaikannya yang relatif tetap, misalnya harga kacang hijau dan kacang tanah yang mengalami kenaikan pada Mei.
C. Tabel di atas menunjukkan bahwa harga komoditas palawija cenderung tidak stabil. Hal itu ditunjukkan dengan harga pada setiap jenis komoditas yang angka kanaikannya tidak tetap, misalnya harga jagung yang mengalami kenaikan pada Mei, tetapi turun pada Desember.
D. Dari tabel di atas diketahui bahwa harga komoditas palawija cenderung stabil. Hal itu ditunjukkan dengan harga pada setiap jenis komoditas yang nilainya relatif tetap, misalnya harga kedelai yang mengalami penurunan pada Mei hingga Desember.
E. Dari Tabel di atas diketahui bahwa harga komoditas palawija cenderung tidak stabil, kecuali kedelai yang terus menurun. Hal itu ditunjukkan dengan harga pada setiap jenis komoditas yang angka kenaikannya tidak tetap, misalnya harga kacang hijau yang mengalami kenaikan pada Mei, tetapi turun pada November, dan naik lagi pada Desember.
Jawaban : E
Bahasan : Paragraf yang paling tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah seperti pada jawaban E. Paragraf tersebut paling koheren dan mencakup

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar