Review Jurusan Psikologi

Reveiw Psikologi
Bahasan yang diteliti difakultas ini cukup menarik, yaitu prilaku manusia. Ilmu Psikologi mengamati tingkah laku manusia dan meneliti latar belakang yang menyebabkan munculnya tingkah laku tersebut
Hal-hal kecil yang kamu anggap remeh itu ada maksudnya lo, misal kamu nggambar pohon, pohonnya miring ke kanan, miring ke kiri, ada buahnya, tidak ada buah, batang gede, akar diatas, pohonnya keluar naga dan elangnya *eh itu indosiar* semua ada maksudnya
Nah psikologi salah satunya mempelajari itu

APA SIH BEDANYA PSIKOLOG DENGAN PSIKIATER?
Psikolog adalah lulusan fakultas psikologi yang udah menyelesaikan pendidikan profesi psikolog. Sedangkan psikiater adalah dokter yang mengambil spesialisasi psikiatri. Jadi kalo dokter spesialis penyakit dalam namanya internis, dokter spesialis kebidanan namanya obs-gin, nah ada juga dokter yang spesialis menangani masalah kejiwaan, yaitu psikiater.
Psikolog, menangani masalah yang berkaitan dengan aspek psikologis (kejiwaan), misalnya stress, rumah tagga yang kurang harmonis, masalah disiplin anak, dll. Psikiater, menangani masalah yang bersifat fisik / faali, misalnya gangguan jiwa akibat adanya kelainan pada otak / neurotransmitter, atau gangguan kejiwaan akibat penyalahgunaan obat. Sebagai dokter, psikiater juga berhak memberikan obat resep, sementara psikolog enggak. jadi yang di RSJ itu bukan psikolog tapi psikiater, psikolog itu yang di konsultan atau yang ngadain psikotes, pokoknya yang berhubungan dengan aspek psikologis lah.
contoh: seseorang pemuda mendatangi psikolog dan berkata
pemuda: “pak saya sudah lulus tapi kok belum dapet-dapet cewek ya?”
psikolog: “kasihan…” (._.)\(’́⌣’̀ ) *pukpuk*
pemuda: “terlalu banyak org memberikan *freepukpuk* sehingga kalo pun ada yg ngasih *pukpuk* udah gak bernilai lagi. *pukpuknometrics*
#curhat?
]APA BEDANYA PSIKOLOG DENGAN SARJANA PSIKOLOGI?
Sarjana psikologi adalah orang yang berhasil menamatkan pendidikan di fakultas psikologi. Untuk menjadi ‘psikolog’, dia butuh minimal 2 tahun lagi untuk menyelesaikan pendidikan profesi plus tentunya beberapa puluh juta untuk ongkos kuliah. Orang yang udah menamatkan pendidikan profesi dianggap memenuhi kualifikasi untuk melakukan kegiatan psikodiagnostik (psikotes dan sejenisnya).
kalo udah lulus jadi psikolog, belum boleh langsung buka praktek, harus dia punya SRIP (Surat Rekomendasi Ijin Praktek) dulu. Untuk bisa dapet SRIP, seorang psikolog harus lulus tes khusus dan punya NPWP.
PSIKOLOGI ITU MASUK IPA APA IPS?
Nah pas SNMPTN nanti, psikologi masuk IPA pa IPS? Pasti banyak yang nebak IPS kan? Ya memang IPS namun ada beberapa universitas yang memasukkan psikologi dibawah fakultas kedokteran (FK), seperti UNDIP, UNPAD, dan UNS sedangkan yang memasukkan psikologi ke jurusan IPS contohnya UI, UGM, UNAIR
Tapi nanti gelarnya sama kok, S.Psi, cuman beda pas daftar SNMPTN aja. jadi siap-siap ngambil IPC ya.
YANG DIPELAJARI DI PSIKOLOGI:
Yang jelas mempelajari ilmu psikologi tersebut dan cabang-canangnya, misalnya Psikologi Kognitif, Psikologi Kerekayasaan, Psikologi Konseling, psikologi konsumen, psikologi umum, psikologi, psikologi kepribadian, dll
Selain itu juga mempelajari filsafat, antropologi, patologi, statistika, dll
Tiap universitas berbeda, jadi lihat silabus universitas yang kamu inginkan
Berkaitan dengan jenis pendalaman psikologi, ada beberapa jurusan yang tergabung didalam ilmu psikologi , antara lain.
- Psikologi Klinis
- Psikologi Pendidikan
- Psikologi Anak
- Psikologi Sosial dan Komunitas
- Psikologi Industri dan Organisi
UNIVERSITAS DENGAN JURUSAN PSIKOLOGI
Intinya kuliah dimana aja, tetep faktor yang paling dominan menentukan kesuksesan seseorang adalah diri mereka sendiri. Tapi memang ga dapat dipungkiri kalo track record universitasnya juga berpengaruh. Yah, semua itu pilihan. Jika kamu kuliah di universitas yang biasa-biasa aja, tapi disitu kamu bisa menonjol dan berprestasi, tentu kamu akan dapet nilai plus, misal lebih mudah dapet beasiswa, atau jadi perwakilan kampus buat lomba antar universitas. Tapi bila kamu kuliah di kampus ternama tapi ga bisa bersaing, tentu itu menjadi sebuah tantangan tersendiri, dan apabila kamu bisa jadi yang terbaik di kampus terbaik, maka itu merupakan pencapaian yang luar biasa. Sekali lagi itu pilihan. Dan banyak sekali faktor dalam menentukan pilihan itu.
Beberapa kampus negeri dengan jurusan psikologi terbaik diantaranya UI, UGM, UNAIR, UNDIP, UNPAD, USU. Sedangkan PTS dengan jurusan psikologi yang bagus diantaranya Trisakti, UPH, Unpar.
tapi bukan berarti kampus lain kurang baik lo ya, sekali lagi yang paling menentukan adalah pelakunya
KERJA APA NANTINYA?
selain sebagai psikolog, alumni jurusan psikologi juga bisa bekerja sebagai konsultan, HRD, dll
psikolog sendiri luas ya, ada psikolog akademik, psikolog militer, psikolog konseling dan klinis, psikolog bidang organisasi dan industri, dll

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar