Review Jurusan Bea Cukai STAN

nah ini dia jurusan idaman para lelaki: BEA CUKAI. sebenarnya sih nama resminya kepabeanan dan cukai, tapi orang2 sering manggil dengan bea cukai aja atau BC.

apa sih sebenarnya bea cukai? bea cukai terdiri dari 2 kata, bea dan cukai. mulai dari bea. Berasal dari bahasa Sansekerta, bea berarti ongkos (inget kan istilah jer basuki mawa bea?). tapi disini konteksnya bea adalah ongkos barang yang keluar atau masuk suatu negara, yakni ada bea masuk dan bea keluar. Instansi pemungutnya disebut pabean. Hal-hal yang terkait dengannya disebut kepabeanan. jadi kalo kita jual atau beli barang dari atau ke LN, kita mesti bayar ke mas mas bea cukai. misal ni saya beli CD nya SNSD (taeyeon ♥_♥) impor dari korea (CD beneran, bukan celana dalam) maka saya harus bayar biaya masuk diluar harga barang tersebut.

sedangkan cukai adalah pungutan oleh negara secara tidak langsung kepada konsumen yang menikmati/menggunakan obyek cukai. Obyek cukai pada saat ini adalah cukai hasil tembakau(rokok, cerutu dsb), Etil Alkohol, dan Minuman mengandung etil alkohol / Minuman keras. kalo lo sering dengar kata cukai rokok, maka itu adalah pungutan yang diberikan kepada rokok yang dibebankan pada konsumennya yang simbolnya dalam bentuk pita cukai.
oya BC ini khusus cowok, jadi cewek2 ga bisa milih jurusan ini. kenapa? karena kerjanya memang ga cocok buat cewek. kalo yang ngurus bea masuk atau bea keluar, kan kerjanya di pelabuhan atau bandara, jadi meriksa barang yang keluar masuk, nangkap penyelundup, dll nah kalo cewek ntar malah jadi presenter kayak Briptu Eka Frestya ♥_♥
trus pengelihatannya harus jelas mata ga boleh silindris atau min >3 karena sekali lagi, kerjanya meriksa, dan ini juga tugas negara, jadi harus maksimal dan ga boleh main2 :) dan ga boleh buta warna juga soalnya kalo buta warna ntar lo bakal bingung bedain batu dan emas \(#`⌂´)/┌┛*(☆,✗)
mengenai syarat2nya lebih lengkap silakan lihat di pengumuman taun lalu aja
kuliahnya, yang jelas ada mata kuliah yang umum ada di semua jurusan STAN, seperti akuntansi, hukum, etika profesi, bahasa indonesia, bahasa inggris, agama, dll
selain itu ata mata kuliah spesialisasi, yaitu bea dan cukai itu sendiri trus ntar juga diajari kimia2 gitu kata temenku, soalnya ntar kan meriksa barang, jadi lo mesti ngerti mana bahan2 yang terlarang mana yang ga, misalnya ini narkoba, vetsin, gula apa garam, atau malah kopi? lo mesti bisa bedain
nah, ga kayak jurusan2 yang lain, bea cukai ini punya seragam khusus. kayak polisi gitu. kalo ga percaya, lihat aja FB nya anak2 BC, hampir semua PP nya pake seragam (-_ - “) trus ntar juga ada apel paginya, tiap senin kalo ga salah. kalo jurusan lain ga ada.
oya kampusnya bea cukai ini terpisah ama jurusan2 yang lain. kalo jurusan lain terpusat di bintaro, maka bea cukai ini yang D3 di rawamangun, jakpus, sedangkan yang D1 ada di beberapa daerah di indonesia, misal bali, malang, palembang, makassar, dll. dan kerjanya nanti jelas, di DJBC (direktorat jenderal bea dan cukai). kantornya ada di beberapa daerah, biasanya yang ada pelabuhan atau bandaranya serta perbatasan2 negara gitu, trus kalo ada pabrik rokok atau miras, ex: soekarno hatta, batam, tanjung priuk, kediri (gudang garam) dll.
nah karena khusus cowok jadi disana ga ada ceweknya (ya jelas lah) jadi ga kayak jurusan yang lain yang ada ceweknya. selama 3 tahun lo bakal merasa “hambarnya” kuliah. bagai sayur tanpa tambahan apa-apa, silakan dibayangkan sendiri, saya ga ingin mencampuri urusan pribadi kalian.
karena kuliahnya semi-militer, jadi anak-anak bea cukai potongannya mirip polisi gitu n badannya mayoritas ya kekar2.
homo-homo yang baca tulisan ini pasti berguman lirih “aku harus masuk bea cukai…” *sambil mengepalkan tangan*
hayo hayo hayo!!
#apabangetdeh (⌣_⌣”)
jadi sangat jarang ada mahasiswa yang unyu unyu kayak di jurusan lain, misal akuntansi (っˆヮˆ)っ
eits, tapi tunggu dulu, bea cukai ini termasuk instansi dengan tunjangan tertinggi lo. tunjangan didasarkan pada banyak hal, salah satunya tanggung jawab dan resiko pekerjaan. nah tanggung jawab dan resikonya nangkap2 penyelundup kan gede jadi tunjangannya juga gede. FYI kalo gaji semua golongan sama, kalo lulusan STAN, golongan 2C kalo ga salah, gaji pokoknya sekitar 1,2juta. nah yang membedakan adalah tunjangan dan remunerasi. nah diantara direktorat dibawah kementrian keuangan, yang tunjangannya paling gede adalah bea cukai dan pajak. kalo lo baru lulus dari STAN, golongannya kalo ga salah IIC (ane ga merhatiin gini2 an soalnya, jadi kurang tau). kalo golongan IIIA di pajak yang kerja di jakarta (tiap daerah beda tunjangan) bisa lebih dari 10juta per bulan (gaji + tunjangan dan remunerasi). itu per bulan lo yaaa belum lagi bonus bagi yang berprestasi.

“kekayaan adalah ketika kamu mensyukuri apa yang kamu miliki sekarang, dan kebahagiaan cuma milik mereka yang bersyukur. ilmu yang bermanfaat adalah harta yang bakal terus bertambah walau kau mati, dan lihatlah orang tua, keluarga, sahabat, dan teman2mu, mereka adalah seberharga-seberharganya harta dunia” :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar