SNMPTN Undangan 2013 :: Informasi SNMPTN Undangan 2013


SNMPTN Undangan 2013 -  Informasi SNMPTN Undangan 2013IPada artikel ini, termuat beberapa hal penting terkait SNMPTN Undangan untuk tahun ajaran 2012/2013. Termasuk di dalamnya; ketentuan umum dan syarat mengikuti jalur undangan, jadwal snmptn undangan, dan mekanisme pemilihan program studi snmptn undangan yang semuanya merujuk pada web panitia resmi snmptn 2013. Sebagaimana kita ketahui, kuota dari SNMPTN undangan ini cukup besar sehingga dapat menjadi peluang besar bagi teman-teman untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Oleh karena itu, patut dicermati beberapa hal terkait penyelenggaraan SNMPTN Undangan 2013 di bawah ini:

SNMPTN Undangan 2013 - 1. Jadwal SNMPTN Undangan 2012 :

ini jadwal saat 2012....mungkin tidak jauh berbeda dengan 2013


Pendaftaran Jalur Undangan 1 Februari – 8 Maret 2012 pukul 22.00 WIB
Seleksi Jalur Undangan 9 Maret – 15 Mei 2012
Pengumuman Jalur Undangan 25 Mei 2012 pukul 18.00 WIB
Pendaftaran Ulang yang diterima 12 – 13 Juni 2012
SNMPTN Undangan 2013 -2. Ketentuan Umum dan Persyaratan

2.1.    Ketentuan Umum

Jalur undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan.
Jalur undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.
Sekolah yang berhak mengikuti  jalur undangan adalah sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN. Daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN jalur Undangan .
Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan resmi kepada Ketua Panitia SNMPTN 2013 dengan menyertakan profil sekolah.
Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah masing-masing.
2.2.    Persyaratan Sekolah

Sekolah yang berhak mengikuti Jalur Undangan adalah SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupun Swasta yang terakreditasi oleh BAN-SM atau lainnya dan/atau terdaftar pada basis data SNMPTN 2012.

2.3.    Persyaratan Siswa Pelamar

Pendaftaran
Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang akan mengikuti UN pada tahun 2013.
Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu: masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4,dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK), dengan rincian sebagai berikut:
Akreditasi A      : 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
Akreditasi B        : 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
Akreditasi C        : 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
Lainnya          :   5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2013.

Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
Penerimaan Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi jalur undangan SNMPTN 2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
SNMPTN Undangan 2013 - 3. Program Studi dan Jumlah Pilihan

Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati.
Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN.
Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
Ketentuan lebih lanjut mengenai prosedurseleksi penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN Jalur Undangan diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilih siswa pelamar. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.
SNMPTN Undangan 2013 - 4. Biaya Pendaftaran
Berdasarkan Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan saat Tahun 2012 sebesar Rp.175.000,00 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per siswa mungkin saat 2013 tidak jauh berbeda

SNMPTN Undangan 2013 - 5. Mekanisme Seleksi
Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu:

Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan pertama.
Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan kedua.

SNMPTN Undangan 2013 -  " Catatan Penting : Untuk adek adek semuanya yang mungkin ada pelajaran yang turun ...jangan khawatir SNMPTN undangan 2013 tidak hanya di Liat Dari Situ...tetapi dari Sekolah adik adik di mata perguruan tinggi ...dan yang paling menentukan adalah
1. Jika adik adik sekalian mempunyai kakak kelas saat masa sma dan dia kuliah di PTN yang adik pilih maka nilai kuliah kakak kelas adik" itu yang menentukan
2. Banyaknya Kakak kelas Adik" yang masuk SNMPTN tulis tahun tahun sebelumnya "


semoga bermanfaat

11 komentar:

  1. mbak/mas klo misalnya biology saya di semester 4 turun 0,1 gimana? apakah jalur undangan tidak berlaku? masalahnya yang bidang studi yang lain naik, cuma biology yang turun, tapi sebenarnya prodi yang saya inginkan bukan biology, melainkan kimia.

    BalasHapus
  2. assalamu'alaikum kak, saya mau tanya. kalo peringkat/ranking saya ada yang turun bagaimana? waktu semester 3 saya meraih peringkat 1, tetapi di semester 4 saya turun 1 peringkat. apakah akan berpengaruh dlm seleksi calon penerima jalur undangan?

    BalasHapus
  3. kak mau tanya kalo misalnya sekolah saya belum pernah mendapat undangan SNMPTN, nah biar dapet undangan caranya gmana ? karena saya dan temen2 saya ingin skali mengikuti SNMPTN.

    BalasHapus
  4. cara biar dapt undangannya gmna kak ?

    BalasHapus
  5. kak klo saya ngga ada kakak kelas di ptn yang saya mau gimana?

    BalasHapus
  6. saya ingin mendapat jalur undangan, berarti jika menggunakan peraruran baru yaitu sekolah yang terakreditasi A mendapat kesempatan 50%, saya masuk didalamnya. namun di semester ini nilai matematika saya turun dari 85 ke 83. apa saya masih punya peluang ya? :( mohon jawabannya. terimakasih

    BalasHapus
  7. bapak/ibu,gmna jika peringkat saya anjlok di semester 5.?
    sbelum"nya peringkat 1 apa itu akan mempengaruhi.?

    BalasHapus
  8. apka boleh jika ada nilai kita yan turn untuk ikut di jalur undangan...?

    BalasHapus
  9. Apakah SNMPTN Jalur Undangan tahun 2014 menggunakan nilai Raport semester 1,2,3,4,5??

    BalasHapus
  10. saya sudah selesai menginput di PDSS ? itu cuma nilai saja kan...mengenai pendaftaran dikembalikan lagi ke siswamya ya? atau bagaimana??

    BalasHapus
  11. mba sata juga mau tanya, kalau sudah rekomendasi dan persaratan bidikmisi sudah semua tapi gak jadi ikut bidikmisi melainkan ikut jalur undangan masi bisah gak?

    BalasHapus